Berpakaian Terbaik di Hari Jumat, Amalan Ringan yang Berpahala

Nabi SAW mendorong umatnya tidak hanya kaum laki-laki namun juga perempuan untuk membeli pakaian khusus dan terbaik supaya bisa dikenakan pada hari yang istimewa yaitu hari Jumat Foto ilustrasi/ist

Salah satu amalan ringan penuh dengan pahala di hari Jumat adalah memakai pakaian terbaik dan membersihkan diri, terutama ketika hendak melaksanakan sholat Jumat. Amalan ringan tersebut juga berlaku bagi kaum perempuan muslimah yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti diketahui Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Keistimewaan hari Jumat terdapat dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jum'at.” [HR.Muslim]
Kenapa membersihkan diri dan memakai pakaian terbaik, termasuk sunnah yang banyak pahala di hari Jumat? Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki-laki yang akan menunaikan sholat Jumat saja. Akan tetapi, ini juga berlaku untuk perempuan sebagai amalan hari Jumat yang utama karena disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang istimewa ini.

Mandi sebagai bagian dari upaya membersihkan diri ini juga termasuk dalam amalan hari Jumat yang disunnahkan, penjelasannya didapatkan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah. Dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah…,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bahkan ada sebagian ulama yang menjadikan mandi Jumat ini wajib hukumnya. Hal ini berdasarkan sebuah hadis dari Abu Sa’id Al Khudri, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan hanya mandi, Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah. “Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain mandi dan sikat gigi, memotong kuku juga menjadi amalan hari Jumat yang bernilai pahala. Selain mendapatkan kebersihan dan turut membantu dalam menjaga kondisi kesehatan.

Setelah membersihkan diri, maka kaum muslim dan muslimah juga disunnahkan memakai pakaian terbaiknya di Hari Jumat ini.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Dalam hadis tersebut, Nabi mendorong umatnya tidak hanya kaum laki-laki namun juga perempuan untuk membeli pakaian khusus dan terbaik supaya bisa dikenakan pada hari yang istimewa yaitu hari Jum'at. Akan tetapi, sangat disarankan untuk pria dan wanita muslim untuk mengenakan pakaian berwarna putih pada hari Jumat.

“Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian.” (H.R. Tirmidzi)

Wallahu A'lam


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar