Bakal Bela Timnas Sepakbola Indonesia, Jordi Amat Kirim Dokumen

Pesepakbola, Jordi Amat

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA– Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, konfirmasi ada satu pemain lagi yang sudah konfirmasi dan mengirimkan dokumennya untuk bela timnas Indonesia. Dialah Jordi Amat yang sudah merespons permintaan PSSI.

Seperti diketahui, belakangan soal pemain blasteran Indonesia di luar negeri memang sedang dalam perbincangan hangat. Para pemain itu diharapkan bisa turut membela Indonesia dan merupakan saran langsung Shin Tae-yong.

Ada empat nama yang akan diproses mereka untuk bisa membela skuat Garuda, yakni Kevin Diks, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Mees Hilgers. Dua nama terakhir sebelumnya sudah lebih dahulu konfirmasi. Sedang Jordi Amat akhirnya baru memberikan jawabannya.

“Betul, satu pemain keturunan sudah konfirmasi. Jordi sudah mengirimkan dokumen soal status keturunan dia. Dia jua sudah mengirim surat pernyataannya,” ungkap Hasani.

Soal Pemain Keturunan, Prosesnya Tak Bisa Cepat

Hasani menyebut, proses mengurus pemain keturunan buat timnas Indonesia tak bisa cepat. Ada tahapan yang harus dilewati. Mulai dari pengecekan dokumen, rekomendasi PSSI dan Kemenpora, lalu harus diketahui Presiden Joko Widodo, sampai disahkan DPR RI.

“Ini bukan satu pihak, kami baru komunkais ke agen mereka, ada tiga oke. Dari situ akan kami lihat pengakuan-pengakuan melalui dokumen, sahih atau benar gak dia punya keturunan?” papar dia.

Kalau benar, kata Hasani, tak hambat peraturan yang dibuat FIFA. Baru PSSI ikat kerja sama dan sebagainya. Nanti baru PSSI kirim surat kepada Menpora.

“Karena kan mereka sudah pegang paspor negara lain. Jadi, nanti Menpora ajukan ke Presiden. Nanti Presiden yang bisa memutuskan. Setelah itu jua harus ada persetujua dari DPR. Mulai Menpora ke Presiden, dan DPR kan prosesnya ini tak terduga. Tapi harapan kami cepat karena kan untuk bela negara,” tutup dia. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar