9 Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami

9 Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami, Foto ist

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Cara mengurangi mata minus secara alami dapat diterapkan bahkan sebelum indera penglihatan Anda itu menurun kemampuannya akibat termakan usia.

Mata adalah bagian vital pada tubuh manusia. Mata memberikan penglihatan yang membantu seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, saat ini banyak orang mengalami mata minus yang disebabkan karena terlalu lama menatap gadget.
Beberapa orang mungkin akan sangat terganggu dengan mata minus. Namun tidak perlu khawatir, penyakit mata minus ini bisa diobati secara alami.
Merangkum laman N Vision Centers, Rabu (20/10/2021), berikut beberapa cara mengobati mata minus secara alami . Yuk, disimak!

1. Konsumsi Makanan yang Sehat, Seimbang, serta Kaya Antioksidan dan Vitamin A

Sayuran berdaun, wortel, dan ikan dapat membantu menjaga kesehatan mata. Diet bergizi bisa membantu meningkatkan penglihatan dan memperlambat kehilangan penglihatan terkait usia.

2. Cukup Tidur

Ketika seseorang terlalu lelah, mata bisa lebih mudah tegang dan terasa berpasir serta kering. Waktu tidur yang sehat dapat mengurangi mata lelah dan meningkatkan penglihatan.
3. Berolahraga secara Teratur
Kebugaran fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke mata. Kondisi ini membantu mengurangi mata kering.

4. Lindungi Mata dari Sinar Matahari

Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat berada di bawah sinar matahari. Fungsinya untuk menjaga sinar berbahaya yang dapat mengurangi penglihatan dengan paparan yang terlalu lama.

5. Kenakan Pelindung Mata saat Melakukan Sesuatu yang Berpotensi Sebabkan Cedera Mata

American Optometric Association (AOA) menyatakan bahwa masalah visual paling umum terjadi pada orang dewasa muda. Biasanya penyakit mata ini dialami oleh orang-orang di antara usia 19 dan 40 tahun. Penyakit ini terkait dengan cedera dan stres pada mata.

6. Beristirahatlah usai Menatap Gadget

American Optometric Association (AOA) merekomendasikan, jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar gadget seperti komputer atau smartphone, maka beristirahatlah. Caranya dengan melihat sejauh 20 kaki setiap 20 menit selama 20 detik setiap kali.

Cara ini dapat membantu mencegah ketegangan mata yang bisa menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, ketegangan leher, dan penurunan penglihatan.

7. Lakukan Pemeriksaan Mata secara Teratur

National Eye Institute (NEI) menerbitkan bahwa pemeriksaan mata adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa mata dalam kondisi kesehatan terbaik. Pemeriksaan mata dapat mendeteksi masalah potensial dan membantu menjaga kesehatan mata serta penglihatan.

8. Tidak Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkait kesehatan fisik, termasuk kerusakan saraf optik, degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, dan katarak yang dapat berdampak negatif pada penglihatan.
9. Jaga Kebersihan dengan Baik

Cuci tangan serta wajah secara menyeluruh dan teratur. Jauhkan kosmetik dan bahan kimia dari mata. Jika memakai lensa kontak, bersihkan dan simpan dengan benar.

(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar