Maksimalkan Konsultasi Dokter secara Online, Ini Tipsnya

Konsultasi medis secara daring menjadi hal yang semakin diminati dan dipilih di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat. Foto/Istimewa

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Konsultasi medis secara daring (telemedicine) menjadi hal yang semakin diminati dan dipilih di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Advisor Aido Health dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES, meskipun tidak serta-merta menggantikan konsultasi tatap muka dengan dokter, telemedicine bisa menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.
"Terlebih bagi pasien dengan keterbatasan mobilitas karena kondisi kesehatannya, perjuangan pasien dan caregiver untuk ke klinik atau rumah sakit bisa diminimalkan,” kata dr. Roy melalui siaran pers, Jumat (24/9/2021).


Aido Health merupakan aplikasi kesehatan terintegrasi yang menjadi kolaborator resmi Kementerian Kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 dan sudah bekerja sama dengan dokter dari EMT Ikatan Dokter Indonesia. Hadir dengan konsep yang berbeda, Aido Health memungkinkan masyarakat untuk melakukan konsultasi kesehatan lewat video call dengan berbagai dokter dari beberapa rumah sakit yang bisa dipilih sendiri oleh pengguna dengan harga yang terjangkau.

Aplikasi Aido Health juga terintegrasi dengan basis fasilitas kesehatan lain seperti klinik, laboratorium, dan farmasi. Dengan begitu, pengguna bisa merasa lebih nyaman dan yakin karena telah mengetahui latar belakang dokter dan rumah sakit yang menanganinya.

Sebagai hal yang relatif baru, edukasi mengenai pemanfaatan telemedicine masih dibutuhkan. Untuk itu, dr. Roy membagikan tujuh tips untuk memaksimalkan konsultasi dokter secara online melalui fitur video call.

1. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan dan hasil pemeriksaan lab terbaru. Persiapkan pertanyaan penting agar kita bisa memperoleh data yang lengkap atas informasi yang dibutuhkan.

2. Ajukan maksud pertemuan dan keluhan yang ada secara rinci.
Contoh, “Dok, ketika makan tadi pagi saya muntah.” Usahakan menjelaskan keluhan pada permasalahan utama dan tidak melebar ke mana-mana.
3. Bagi pasien yang berusia lanjut sebaiknya ditemani anggota keluarga yang lebih muda. Agar tetap efisien dan tidak menimbulkan distraksi, pasien cukup ditemani satu orang saja.
4. Sebaiknya pasien berada di ruang yang bisa bergerak bebas, misalnya bisa angkat tangan, kaki, dan sebagainya, kamera harus bisa memantau hal tersebut (kamera ponsel lebih disarankan karena bisa lebih mobile dibanding kamera laptop).

5. Siapkan juga obat-obatan yang sudah dan sedang dikonsumsi sehingga dokter akan melihat langsung obatnya. Ini agar dokter bisa menentukan obat apa saja yang akan dikonsumsi selanjutnya.

6. Umumnya, sama seperti konsultasi tatap muka di rumah sakit, telekonsultasi melalui video call juga memiliki keterbatasan waktu. Untuk memaksimalkannya, pasien diharapkan fokus terhadap gejala dan keluhan yang dirasakan saat melakukan telekonsultasi.

7. Mintalah dokter untuk membuat rangkuman pemeriksaan saat telekonsultasi hari itu.
Agar konsultasi medis secara daring semakin mudah dan hemat, Aido Health terus meningkatkan layanan, termasuk memperluas metode pembayaran. Kini pengguna bisa memanfaatkan metode pembayaran digital ShopeePay untuk bertransaksi di aplikasi ini.

Pengguna dapat berkonsultasi lebih hemat berkat cashback 100% dari ShopeePay selama kampanye ShopeePay Day yang berlangsung 22-24 September 2021, Shopee Mantul Sale pada 25-27 September 2021, dan 10.10 ShopeePay Double Deals pada 28 September-10 Oktober 2021.

Caranya mudah, dapatkan voucher cashback 100% di fitur Deals Sekitarmu pada halaman utama aplikasi Shopee dan gunakan voucher tersebut di aplikasi Aido Health. Kehadiran metode pembayaran ini melengkapi metode pembayaran lain di Aido Health seperti transfer bank, virtual account, kartu kredit, dan asuransi.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar