Sejumlah IKA Sebut Syamsul Paloh Sosok yang Kompeten Pimpin IKABSU Kepri

Syamsul Paloh

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Dukungan dan harapan dari sejumlah Pengurus IKA-IKA (Ikatan Keluarga) 19 Kabupaten/Kota dari berbagai daerah asal Sumatera Utara kepada Syamsul Paloh untuk menjadi Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Periode 2021-2025 pada Mubes ke IV terus mengalir.

Dukungan ini, karena Syamsul Paloh dinilai layak dan memenuhi kriteria untuk menjadi Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU), organisasi khusus keluarga besar asal Sumatera Utara.

Pengurus IKA Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sudirman Situmeang, SH mengatakan bahwa Syamsul Paloh cukup mumpuni, kompeten dan cakap untuk memimpin IKABSU, mempunyai pengalaman di sejumlah organisasi, yang terpenting lagi dari dulu hingga sekarang sangat dekat dengan Bapak Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara.

“Beliau (Syamsul Paloh, red) memiliki kemampuan menterjemahkan harapan-harapan dan keinginan Gubernur Sumatera Utara terhadap warga perantau asal sumatera Utara yang berdomisili di Kepri,” terang Sudirman Situmeang ke awak media selaku juru bicara, Jumat (3/9/2021).

Ditemui di bilangan Tembesi, Sagulung, Sudirman menambahkan bahwa Syamsul Paloh memiliki hubungan baik dengan Kepala-kepala daerah di Kepri, sehingga diyakini mampu membangun kerjasama dengan pemerintah daerah baik tingkat kabupaten kota maupun tingkat provinsi.

Di tempat yang sama, Ketua IKA Labura (Labuan Batu Utara), Tumpal Pakpahan menambahkan bahwa pilihan mereka jatuh ke Syamsul Paloh karena menurutnya yang bersangkutan sangat peduli terhadap masyarakat, baik dalam komunikasi keseharian, demikian pula cerdas dan tidak diragukan dalam memimpin wadah IKABSU yang bermartabat.

“Kita berharap kepemimpinan yang kuat dan dukungan seluruh IKA-IKA Kabupaten Kota asal Sumatera Utara akan menjadi legitimasi yang mampu merumuskan kebijakan IKABSU lebih produktif dan programatik untuk kepentingan masyarakat,” ujar Tumpal Pakpahan ke media.

Menurutnya, saat ini Perwakilan Pengurus IKA-IKA Kabupaten/Kota asal Sumatera Utara berharap Syamsul Paloh tokoh masyarakat asal Sumatra Utara itu sebagai Ketua umum Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) pada Mubes IKABSU Ke VI.

“Pak Syamsul layak memimpin IKABSU untuk 5 tahun kedepan. Di mata kami, Syamsul sosok yang tidak membedakan suku, agama dan ras. Beliau salah satu tokoh masyarakat Sumatera Utara yang gampang beradaptasi dengan siapa saja, tidak membeda-bedakan satu sama lain. Sehingga cocok memimpin Ikabsu yang notabenenya mempunyai penduduk multi etnis dari berbagai suku dan agama,” jelasnya.

Penilaian yang sama datang juga dari Pengurus IKA Kabupaten Nias Utara, Ronni F. Gea mengatakan bahwa dukungan mereka ke Syamsul Paloh karena melihat sosok ke tokohannya yang dinilai mampu mengayomi masyarakat IKABSU kota Batam bermacam suku.

“Semuanya ada di kota Batam, tentu hal ini membutuhkan sosok kepeminpinan yang bisa memberikan masukan dan solusi bagi masyarakat IKABSU kota Batam, dari berbagai persoalan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat IKABSU kota Batam,” harapnya.

Terakhir menurutnya, hadirnya Syamsul Paloh sebagai Ketua Umum IKABSU periode mendatang, bisa menyatukan masyarakat Sumatra Utara yang ada di kota Batam. Saling dukung -mendukung dalam berbagai hal. Baik ekonomi, politik dan lain-lainnya, sama dengan paguyuban lainnya yang ada di kota Batam.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Umum Ikabsu Kota Batam, Fisman F. Gea mengatakan bahwa semestinya pelaksanaan Mubes IKABSU dalam rangka estafet kepemimpinan sudah dilakukan beberapa bulan lalu, namun karena Covid-19 belum reda maka pihaknya terpaksa menunda pelaksanaan.

“Kami sudah koordinasi dengan pak Gubernur Edy Rahmayadi selaku penasehat, dan kita diarahkan mengikuti aturan daerah, karena belum boleh mengumpulkan orang banyak akhirnya kita belum laksanakan,” ungkap Fisman.

Terkait dengan kandidat ketua umum, lanjutnya, semua boleh mencalonkan asalkan memiliki KTP Batam dan berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

“Semua boleh mencalonkan, karena nanti yang menilai layak atau tidak adalah IKA-IKA melalui mekanisme pemilihan,” ungkap mantan Anggota DPRD Batam ini.

Terakhir, ia mengapresiasi dengan dimunculkannya Syamsul Paloh sebagai kandidat Ketua Umum yang diusung oleh sejumlah IKA-IKA. Ia berharap juga akan muncul kandidat lain agar pesta demokrasi di tubuh IKABSU lebih dinamis. (r)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar