Agensi Sebut Kapal KM Karya Sampurna Miliki Izin dan Sesuai SOP


TRANSKEPRI.COM.BATAM -  Sebelumnya Bea dan Cukai Batam menyebut Kapal KM Karya Sampurna tangkapan Guskamla Koarmada I, memiliki perizinan untuk mengangkut rokok dari Singapura tujuan Thailand.


Waldi selaku Agensi Kapal KM Karya Sampurna juga menyebut bahwa dokumen kapal sudah lengkap dan memiliki perizinan sesuai dengan SOP.

"Saya sebagai agensi menerima dan memberangkatkan kapal sesuai dengan SOP, saya juga bingung karena baru selesai muat dan berangkat beberapa jam sudah dicurigai. Kita pasrah kalau memang ada muatan lain yang tidak sesuai seperti misalnya ada narkoba, tapi ini sesuai dengan surat-suratnya dan dibongkar muat di pelabuhan resmi Batu Ampar," ujar Waldi, Kamis(01/04/2021).

Lanjutnya, Ia menyebut jika nanti ada kecurigaan dan keabsahan dimulai dari keberangkatan ia tidak keberatan jika langsung bersurat ke instansi terkait ke Custom, Imigrasi dan Syahbandar.

"Selama ini tidak ada masalah, kita juga bekerja untuk menghidupkan buruh memberikan lapangan pekerjaan," paparnya.

Selain itu Waldi juga menjelaskan terkait rute kapal yang sebelumnya mengarah ke Shongkhla, Thailand lalu belok ke Tanjung Berakit, dirinya mengakui hal tersebut masih sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Pembelokan ke Tanjung Berakit itu, waktu kita mau sandar dari Batu Ampar ke Songkhla, setelah  dihitung perjalanannya, kita kekurangan minyak makanya kita isi di Tanjung Berakit dan itu masih diarea kolam bandar," tuturnya.

Pada saat itu, Waldi menyebut belum sempat melakukan pengisian bahan bakar dan tidak ada bongkar muat.

"Disana kita memang mau mengisi bahan bakar, namu belum sempat isi bahan bakar sudah ada peristiwa ini," sebut Waldi.

Untuk itu Waldi berharap agar masalah tersebut bisa cepat diselesaikan secara semestinya.

"Kita transparan intinya, jika memang mau melakukan pengecekan silahkan. Harapan kami jika ini sudah sesuai dengan SOP tolong segera dikembalikan karena barang ini bernilai milyaran," tutupnya.(ely)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar