Viral Info Terkait Ikan Kelelawar di Pekanbaru, Ini Faktanya

Penampakan hewan Lemur Terbang yang viral beberapa waktu lalu (foto:xnews.id)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sebuah kabar beredar dengan postingan foto dan video di media sosial Facebook tentang ikan kelelawar di Pekanbaru, Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

Dalam postingan tersebut narasinya menyatakan Binatang Aneh sdh dua hari muncul di Pakanbaru. Badannya kaya kelelawar tapi berenang di air. Ada yang paham, bisa menjelaskan yaa?”.

Kementerian Kominfo menyebutkan informasi yang beredar tentang binatang aneh yang muncul di Pekanbaru tersebut tidak benar alias hoaks.

Foto yang diklaim sebagai binatang aneh tersebut merupakan hewan Colugo atau lemur terbang yang hidup di hutan kawasan Asia Tenggara, misalnya di Negara Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Adapun terkait video tentang hewan mirip kelelawar yang bisa berenang tersebut adalah Sea Hare.

Hewan yang ada di video tersebut sejenis hewan laut yang bernama Aplysia Fasciata, atau bahasa umumnya Mottled Sea Hare.

Mottled Sea Hare, atau yang dikenal sebagai Sooty Sea Hare atau Black Sea Hare adalah spesies dalam keluarga Aplysiidae dan dengan demikian termasuk dalam kelas Gastropoda.

Akun Facebook Nature’s Beautiful mengunggah foto serupa disertai dengan sebuah narasi. “It’s a bird, it’s a plane, it’s…neither. It’s actually the colugo, a gliding mammal with no sense of decency,” tulis akun Facebook Nature’s Beautiful seperti dikutip dari Liputan6.com.

Dalam artikel berjudul “Absurd Creature of the Week: The Adorably Creepy Gliding Mammal That’s Basically Just a Big Flap of Skin” yang ditayangkan situs wired.com pada 21 November 2014 lalu dijelaskan tentang hewan tersebut.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar