Latihan Packaging Produk, Tingkatkan Kapasitas Pelaku UMKM

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin membuka Pelatihan Packaging Produk di Gedung UPTD PLUT Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (KUKM), Senin (14/08).

TRANSKEPRI.COM.BATAM-  Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin membuka  Pelatihan Packaging Produk di Gedung UPTD PLUT Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (KUKM), Senin (14/08). 

Kegiatan ini dalam rangka Peningkatan Kapasitas pelaku usaha mikro di Kota Batam. Usai membuka pelatihan Jefridin memborong produk makanan yang dibawa oleh peserta pelatihan.

"Atas nama Wali Kota Batam, Bapak Muhammad Rudi, Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas KUKM Kota Batam yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kepada bapak/ibu peserta ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya," ucap Jefridin memgawali sambutannya.

Ia menuturkan bahwa pelatihan hari ini adalah satu hal yang sangat bagus. Karena dapat mengajak pengusaha kecil dapat meningkatkan pertumbuhan hasil produknya. Diungkapkannya, bahwa pariwisata di Kota Batam mulai tumbuh. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemko saat ini salah satu tujuannya adalah untuk membuka akses bagi investor dan Wisatawan Mancanegara (Wisman) untuk datang ke Kota Batam.

"Kita masyarakat Batam patut bersyukur karena pertumbuhan ekonomi kita adalah tertinggi di Indonesia mencapai 6,84 persen. Sebalum Covid kunjungan Wisman di Kota Batam nomor 2 terbesar setelah Bali. Salah satu yang dicari orang datang ke Batam salah satunya adalah makanan. Tapi untuk menarik agar orang membeli produk kita adalah melalui kemasannya," ujarnya memotivasi.

Kepada peserta Ia mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini, karena melalui packaging ini dapat menarik daya minat orang. Namun Ia juga mengingatkan bahwa pelaku usaha juga harus memperhatikan dari sisi pemasaran. Bagaimana membangun usahanya dengan cara berkolaborasi. Selain memasarkan produk secara online.

"Mari kita besarkan Batam, jangan hanya sebagai penonton. Dari kunjungan Wisman ke Batam, dapat menambah pajak, karena mereka akan menginap di hotel dan makan di restoran. Pajak yang masuk itu lah yang digunakan oleh Pemerintah untuk membangun infrastruktur," tuturnya.

Kepala Dinas KUKM Kota Batam, Hendri Arulan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sekretaris Daerah Kota Batam, yang hadir untuk membuka pelatihan pagi itu. Menurutnya saat ini jumlah pelaku usaha mikro yang terdaftar di Dinas KUKM Kota Batam berjumlah 1.023 hingga Juli 2023.

"Hari ini kita melaksanakan bagaimana kita melakukan promosi terhadap produk yang kita buat. Bagaimana produk ini dikemas dengan baik sehingga orang tertarik untuk membeli. Pemerintah Kota Batam tentunya ingin seluruh pelaku usaha di Kota Batam sukses," ujarnya.

Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari, Senin sampai dengan Rabu (14-16/08/2023) dengan mendatangkan narasumber dari Jakarta.(rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar