Pelaku UMKM Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan


TRANSKEPRI.COM.BATAN-Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara membuka kegiatan  Pelatihan Pengembangan UMKM dan Kewirausahaan, bertempat di Ballroom Hotel Golden View Bengkong Kota Batam, Senin (5/12).

Kegiatan juga disejalankan dengan penandatanganan nota kesepahaman, pengembangan dan pembinaan kewirausahaan antara Pemprov Kepri dan sejumlah Perguruan Tinggi yang ada  di Kepulauan Riau. 

Dalam sambutan singkatnya, Sekdaprov Adi mengatakan, sebagai pelaku perekonomian yang telah terbukti bisa bertahan ditengah hantaman pandemi covid-19 lalu, perlu bagi pelaku usaha mikro kecil dan  menengah terus mendapatkan pelatihan dan ketrampilan.

Tujuannya, agar pelaku UMKM ini bisa terus bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin luas. Karena mereka sebagai penggerak roda ekonomi yang riil, telah terbukti nyata memberi kontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia.  

Sekdaprov Kepri pada kesempatan tersebut  juga menjabarkan tentang tujuan  pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri. Yang salah satunya, upaya mensejahterakan masyarakat, dengan cara peningkatan perekonomian semua lapisan masyarakat.

Sekdaprov Adi Prihantara juga memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan yang terdiri pelaku usaha  dan adik - adik mahasiswa, dengan mengutip falsafah Jawa, yakni bekerjalah dengan produktif dan efektif,  meski harus menggunakan dengkul dan gundul. 

"Yang bermakna, mesti harus bekerja seadanya mengandalkan kekuatan yang dimiliki,  tapi punya target bisa meraih kesuksesan, dengan cara bekerja keras dan pantang menyerah dan terus belajar dari pengalaman,  guna meraih kesuksesan yang diimpikan," jelasnya. 

Sementara itu Kadis Koperasi dan UMKM Pemprov Kepri Agus Nawarman mengatakan, pelatihan sendiri dimaksudkan  untuk memberikan pemahaman  kepada para peserta,  tentang program - program pemerintah  dalam upaya pengembangnan wira usaha.

Pemerintah Provinsi Kepri terus memberikan perhatian pada pengembangan pelaku usaha, dengan langsung memberikan pelatihan dan pendampingan pada pelaku usaha, agar mereka bisa terus berkembang serta mampu bersiang dan bertahan, dalam menjalankan bisnisnya. 

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Peluruncuran Gerakan Membina Wirausaha (Gembira) yang  nantinya, akan menggandeng juga mitra lain  seperti BUMN dan BUMD guna mau menjadi mitra sekaligus mentor, agar para pelaku usaha bisa terus eksis. ( r)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar