Polri Bakal Rekrut 1.600 Tamtama, Ini Jadwalnya

Mabes Polri

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Bagi kalian yang bercita-cita menjadi abdi negara sebagai prajurit Tamtama Polri jangan lewatkan kesempatan ini.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membuka penerimaan Tamtama Polri mulai tanggal 12 September 2022.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah Kombes Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan penerimaan Tamtama Polri kali ini dibuka untuk Tamtama Brimob dan Tamtama Polair dengan pangkat Bhayangkara Dua (Bharada).

"Rekrutmen ini merupakan penerimaan Tamtama Polri dengan pangkat Bhayangkara Dua (Bharada) melalui pendidikan pembentukan Tamtama Polri," tutur Iqbal dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2022) seperti dikutip dari kompas.tv.

Untuk rekrutmen Tamtama kali ini, Kepolisian membutuhkan sebanyak 1.600 orang yang terdiri dari 1.500 Tamtama Brimob dan 100 orang Tamtama Polair.

Para peserta akan menjalankan pendidikan selama 5 bulan di Pusdik Brimob Watukosek Jawa Timur untuk Brimob, serta di Pusdik Pondok Dayung Tanjung Priok Jakarta untuk Polair.

Untuk diketahui, bagi para peminat penerimaan Polri, pendaftaran ini akan dibuka hingga 21 September 2022 saja.

Registrasi bisa dilakukan langsung melalui laman resmi Polri di penerimaan.polri.go.id.

"Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polres dan Polda," lanjutnya.

Sebelumnya, rencana pembukaan penerimaan Tamtama Polri ini terungkap dari postingan di akun Instagram @rekrutmen_polri, Selasa (6/9/2022).

“Bulan ini, pendaftaran di website penerimaan Polri,” tulis akun tersebut untuk menjawab pertanyaan mengenai waktu pembukaan pendaftaran.

Dilansir dari kompas.com, pembukaan penerimaan Tamtama Polri ini juga ditegaskan salah satu panitia penerimaan anggota Polri, AKP Muhammad Aprisakundi dalam salah satu video di channel YouTube resmi penerimaan Polri, Penyediaan Personel.

Akun YouTube ini dikelola langsung oleh Bagian Penyediaan Personel Biro Pengendalian Personel Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri.

Melalui video tersebut, para peserta diharap dapat memantau akun-akun media sosial resmi penerimaan Polri untuk mengetahui tanggal pasti penerimaan Tamtama Polri 2022 dibuka.

Hanya ada dua akun resmi yang dikelola Bagian Penyediaan Personel Biro Pengendalian Personel SSDM Polri, yakni Instagram @rekrutmen_polri dan YouTube Penyediaan Personel.

Syarat penerimaan Tamtama Polri 2022

Masih dalam video yang sama, AKP Muhammad Aprisakundi juga menyebutkan sejumlah syarat umum untuk mendaftar menjadi Tamtama Polri, yaitu:

-Warga Negara Indonesia (WNI),

-bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta setia terhadap NKRI dan UUD 45;

-Pendidikan minimal lulusan SMA sederajat;

-Usia minimal 18 tahun pada saat dilantik jadi anggota Polri;

-Sehat secara jasmani dan rohani;

-Tidak terlibat tindak pidana yang dibuktikan dengan SKCK.

Website dan media sosial resmi pendaftaran Polri

Pendaftaran untuk menjadi Tamtama Polri hanya dapat dilakukan melalui website resmi penerimaan.polri.go.id.

Laman tersebut merupakan satu-satunya website penerimaan resmi untuk menjadi anggota Polri.

Para peserta penerimaan Tamtama Polri tahun 2022 pun diimbau untuk tidak percaya dengan calo.

Mereka diminta untuk tidak percaya dengan pihak-pihak yang mengatasnamakan Polri atau institusi lain yang mengklaim mampu meloloskan jadi anggota Polri.

Dalam video yang sama dijelaskan, rekrutmen Polri menggunakan prinsip BETAH yang merupakan akronim dari Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

Para calon pendaftar penerimaan Tamtama Polri 2022 diminta tidak takut untuk mendaftar karena rekrutmen tersebut diklaim transparan dan tidak membutuhkan biaya tambahan. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar