Ririn: Wasit Elemen Penting Majukan Bola Voli Kepri

Pelatihan wasit Bola Voli Kepri

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Kepri, Ririn Warsiti, SE MM bakal terus mendorong kecakapan para wasit bola voli di Kepri. Hal ini menurutnya penting dalam upaya melahirkan pengadil  pertandingan yang bijaksana.

"Baru-baru ini PBVSI Kepri bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi melatih 21 wasit untuk mengambil sertifikat wasit tingkat C Nasional. Kita pun mendatangkan mentor terbaik dari pusat," ungkapnya, Sabtu (2/7/2022).

Dikatakan, pelatihan dan sertifikasi wasit penting untuk meningkatkan kompetensi SDM para wasit mengenai peraturan olahraga voli. Di Kepri sendiri saat ini, keberadaan wasit yang memiliki kemampuan dalam memimpin pertandingan masih sangat minim.

Ririn pun menaruh harapan dengan pelatihan dan sertifikasi wasit maka akan lahir wasit-wasit bersertifikasi regional, nasional bahkan diproyeksikan menjadi wasit voli bersertifikat internasional.

"Wasit itu merupakan salah satu SDM yang memiliki peran dalam membantu atlet dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang peraturan pertandingan," katanya.

Seringkali lebih lanjut Ririn, wasit dipandang sebelah mata untuk membantu meningkatkan prestasi atlet. Padahal pelatihan-pelatihan wasit kerap dilakukan. Namun pada proses pembinaan atlet tidak melibatkannya. Sementara terjadi perubahan peraturan dan ini harus selalui diketahui oleh seorang atlet," katanya.

Ririn juga memandang bahwa peningkatan kemampuan wasit juga tidak berkutat pada pengembangan ilmu pengetahuan melalui pelatihan atau penataran tentang peraturan perwasitan. Namun harus ada juga pelatihan psikologi bagi wasit. 

Karena menurut Ririn dengan memiliki psikis yang baik maka akan lahir keputusan-keputusan di lapangan yang adil dan bijaksana. Sehingga dihormati oleh para atlet dengan berbagai karakteristik yang beragam. 

"Wasit pun akan percaya diri, konsentrasi dan memiliki motivasi yang baik sebagai pangadil pertandingan yang bijaksana," pungkasnya. *


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar