Dewi Kumalasari Ajak Dekranasda Berperan Aktif Dukung Pemulihan Ekonomi


TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Ketua Dekranasda Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari terus berpikir, bagaimana dapat berperan lebih aktif dan produktif. Memiliki kontribusi yang positif dan nyata,  untuk ikut pemulihan ekonomi dan kebangkitan ekonomi.


“Salah satu sektor pada adaptasi perubahan yang sangat penting perlu kita perkuat dan optimalkan hari ini adalah kemampuan kita semua pada Adaptasi perubahan di era digital,” kata Dewi, saat membuka Pelatihan Capacity Building Pengurus Dekranasda Kepri dan kabupaten/kota se-Kepri di Dompak, Kota Tanjungpinang, Rabu (15/9/2021).


Tema kegiatan Capacity Building bagi pengurus dan anggota Dekranasda Kepri dan kabupaten/kota yang diselenggarakan kali ini adalah “Adaptasi Perubahan di Era Digital Menuju Kebangkitan Ekonomi Kepulauan Riau”.


Dewi ingin semua bekerja sama membangun Dewan Kerajinan Daerah Kepri ini sebagai organisasi yang modern dan mampu menjadikan perubahan di Era Digital saat ini.


“Sebagai peluang bagi kita untuk maju, berdaya saing dan ikut menjadi pelaku dalam kompetisi di pasar global,” kata Dewi.


“Saya yakin dan percaya dengan kesungguhan, ketekunan, kerjasama dan kerja keras kita semua akan mampu segera berperan aktif dalam ikut mewujudkan Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yaitu : “Terwujudnya Kepulauan Riau Yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya,” ungkap Dewi.


Selanjutnya, Dewi ingin Kegiatan Capacity Building ini menghasilkan formulasi pembinaan dan pemberdayaan gaya baru yang lebih efektif dan selaras di Era Digital saat ini.


Model pemberdayaan yang dapat diterima dan menjawab kebutuhan masyarakat pelaku ekonomi, khususnya perajin yang hasilnya berdampak signifikan pada nilai tambah dan daya saing.


“Bilamana model baru pemberdayaan ini dapat kita aplikasikan tahun ini, Dekranasda Kepulauan Riau tahun depan (tahun 2022) sudah menyiapkan satu sistem pemberdayaan terintegrasi untuk menjawab tantangan di Era Digital melalui program yang kami sebut dengan : “Dekranasda Creative Space Kepulauan Riau,” kata Dewi.


Dekranasda Creative Space Kepri adalah sebuah program yang disiapkan untuk menjawab tantangan di Era Digital saat ini, sekaligus menjawab persoalan kendala geografis dimana Kepri pada 7 kabupaten/kotanya dipisahkan dengan begitu luasnya lautan.


Turut menghadiri pembukaan Pelatihan Capacity Building Pengurus Dekranasda Kepri dan kabupaten/kota se-Kepri ini Wakil Ketua Dekranasda Kepri, Ketua Harian Dekranasda Kepri, Wakil Ketua Harian Dekranasda Kepri, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri, dan seluruh pengurus Dekranasda Kepri dan kabupaten/kota se-Kepri serta pelaku industri kreatif dan para pengrajin yang hadir secara langsung maupun melalui video conference. (r/mad)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar