Tips Merawat Sepeda Motor Saat Memasuki Musim Hujan

Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan bermotor diminta lebih peduli lagi terhadap kondisi sepeda motornya. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan bermotor diminta lebih peduli lagi terhadap kondisi sepeda motornya . Karena hujan akan memberikan tantangan dan medan khusus yang menyulitkan baik dari pengemudi maupun kondisi motor itu sendiri.

Jalan yang tergenang dan berlubang menjadi rute sehari-hari jika sudah memasuki musim penghujan. Sepeda motor perlu perhatian ekstra mulai dari spare part hingga kondisi mesin.

Periksa komponen mana saja yang sudah waktunya diganti untuk mengurangi trouble di musim hujan. Berikut cara dan tips merawat sepeda motor saat memasuki musim hujan:


1. Periksa Kondisi Ban

Tips pertama yang wajib Anda terapkan dalam merawat kendaraan bermotor yaitu dengan selalu periksa tekanan angin ban. Pastikan ban tidak kekurangan maupun kelebihan angin.

Lalu perhatikan juga kondisi tapak ban juga perlu jadi perhatian. Hindari mengemudikan motor dalam cuaca hujan dengan kondisi ban botak. Hal tersebut akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan slip dan licin serta dapat berpotensi mengalami kecelakaan.

2. Perhatikan Kondisi Busi

Hal ini juga patut menjadi perhatian ketika akan memasuki musim penghujan. Pasalnya busi kerap tersiram air hujan pada saat mengendarai dalam kondisi hujan.
Jika terkena air maka dapat menyebabkan motor mati dan sulit untuk dihidupkan. Maka dari itu pastikan busi dan juga tutupnya dalam kondisi baik dan tidak mudah terkena air.
3. Bersihkan Area Pengereman

Tips selanjutnya yakni pastikan sistem pengereman dalam kendaraan motor Anda selalu dalam kondisi baik. Terlebih kampas rem yang terkena air jika mengering pasti karetnya akan keras.

Jika itu yang terjadi maka akan mengurangi daya cengram saat pengereman. Makanya setelah melewati jalan tergenang atau habis hujan, ada baiknya sering lakukan pengereman secara bergantian. Hal itu berguna untuk membuat kampas rem cepat kering.

4. Cek Kondisi Rantai

Tips berikutnya pastikan rantai motor dalam kondisi optimal. Seringlah membersihkan rantai motor Anda jika terkena hujan dengan menggunakan cairan khusus.

Cara tersebut berguna untuk mencegah timbulnya karat pada rantai. Jika sudah berkarat maka akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara karena timbul suara berisik akibat rantai motor kering.

5. Rajin mencuci motor
Ini merupakan tips yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu mencuci motor. Nyatanya motor yang terlihat bersih akan jauh lebih awet pemakaian komponennya ketimbang dengan motor dalam kondisi kotor.

Karena parts atau komponen yang kotor dan jarang dibersihkan akan mengurangi masa umur pakai. Tidak hanya itu saja, mencuci motor juga mencegah timbulnya karat dan juga keropos.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar