Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter, Ini Daftarnya!

Obat diabetes sangat beragam. Umumnya, obat diabetes digunakan sesuai dengan jenis diabetes yang Anda miliki yakni diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2. Foto/Ist.

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Obat diabetes sangat beragam. Umumnya, obat diabetes digunakan sesuai dengan jenis diabetes yang Anda miliki. Pada dasarnya, ada dua jenis diabetes yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 .

Orang dengan kedua jenis diabetes membutuhkan obat untuk membantu menjaga kadar gula darah mereka tetap normal. Namun, dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Disisi lain, obat diabetes memiliki cara kerja dan efek samping yang berbeda. Berikut obat diabetes yang biasa diresepkan dokter dilansir dari Healthline, Jumat (17/9/2021).
Insulin
Insulin adalah jenis obat yang paling umum digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 1. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat membuat insulin sendiri. Tujuan pengobatan adalah untuk menggantikan insulin yang tidak dapat dibuat oleh tubuh.

Insulin juga digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2. Ini diberikan melalui suntikan dan tersedia dalam berbagai jenis. Jenis insulin yang Anda butuhkan tergantung pada seberapa parah penipisan insulin Anda.

Sulfonilurea

Ini adalah salah satu obat diabetes tertua yang masih digunakan sampai sekarang. Sulfonilurea bekerja dengan merangsang pankreas dengan bantuan sel beta. Obat ini menyebabkan tubuh membuat lebih banyak insulin.

Inhibitor alfa-glukosidase
Obat-obatan ini membantu tubuh memecah makanan bertepung dan gula meja. Efek ini menurunkan kadar gula darah. Untuk hasil terbaik, Anda harus minum obat ini sebelum makan. Obat-obatan ini termasuk Acarbose dan Miglitol.

Biguanida

Biguanida menurunkan berapa banyak gula yang dihasilkan hati Anda. Mereka menurunkan berapa banyak gula yang diserap usus, membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin, dan membantu otot menyerap glukosa.

Biguanida yang paling umum adalah metformin (Glucophage, Metformin Hydrochloride ER, Glumetza, Riomet, Fortamet). Metformin juga dapat dikombinasikan dengan obat lain untuk diabetes tipe 2.

Inhibitor DPP-4

Inhibitor DPP-4 membantu tubuh terus membuat insulin. Obat ini bekerja dengan mengurangi gula darah tanpa menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah). Obat ini juga dapat membantu pankreas membuat lebih banyak insulin.

Meglitinida

Obat-obatan ini membantu tubuh melepaskan insulin. Namun, dalam beberapa kasus, Meglitinida dapat menurunkan gula darah terlalu banyak. Obat ini tidak bisa dikonsumsi untuk semua orang.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar