Pemerintah Bakal Bangun Bandara di Pulau Laut Natuna

Pulau Laut merupakan pulau terluar Indonesia di wilayah Natuna

TRANSKEPRI.COM.RANAI- Wakil Bupati Natuna Rodial Huda mengatakan pemerintah pusat berencana membangun bandara untuk keperluan sipil dan militer di Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Lokasi itu merupakan pulau terluar wilayah Indonesia.

Rodial menyampaikan itu berdasarkan penuturan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kepadanya. Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga setuju akan hal itu.

"Natuna dulu ada rencana membangun bandara sipil di Ranai Pulau Bunguran. Kemarin itu, Menko Marves mengatakan, enggak usah dibangun di situ lagi. Lebih baik bangun di Pulau Laut," kata Rodial Huda mengutip Antara, Rabu (8/9).

Selain itu, keberadaan bandara di Pulau Laut tersebut juga bisa memperkuat NKRI. Pemerintah pusat, kata dia, bakal menyiapkan kajian. Pemerintah provinsi dan kabupaten juga diminta membuat kajian pembangunan bandara di Pulau Laut.Rodial mengatakan pemerintah daerah menyambut baik rencana pemerintah pusat itu, karena Pulau Laut merupakan pulau terujung Indonesia, sehingga harus dilengkapi berbagai fasilitas memadai.

"Pemkab, kalau dibutuhkan lahan, kajiannya ke situ," kata dia.

Rodial juga berharap bandara di Pulau Laut nanti dibangun seperti pangkalan militer yang kuat di Hawaii dan Okinawa.Selain bandara, di Pulau Laut harus dibangun kawasan terpadu untuk bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Dengan begitu, Indonesia seperti memiliki kapal induk yang tidak bisa ditenggelamkan.

"Karena lokasi pulau berada di paling ujung, sehingga kita jauh lebih kuat dipandang dari sisi geopolitik dan segala macam," kata dia. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar