Arsenal Kalahkan West Ham 3-1

Selasa, 10 Desember 2019

Liga Inggris

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Arsenal bangkit dari ketertinggalan saat menghadapi Westham United di pekan ke-16 Liga Inggris. The Gunners membalikkan situasi dengan menang 3-1.

Duel sesama tim London antara West Ham dan Arsenal tersaji di London Olympic Stadium pada pekan ke-16 Liga Inggris, Rabu (10/12/2019) dini hari WIB. Arsenal tampil dominan dengan penguasaan bola sebesar 61 persen.

Meski begitu, Arsenal tampil tak efektif di babak pertama sehingga West Ham mampu memanfaatkan situasi ini. Mereka unggul terlebih dulu lewat Angelo Ogbonna.


Kebangkitan Meriam London terjadi di babak kedua. Mereka menggelontorkan gol lewat Gabriel Martinelli, Nicolas Pepe dan Pierre Emerick-Aubameyang.

Hasil ini mengakhiri catatan buruk Arsenal yang tak pernah menang di sembilan laga terakhir. Ini juga merupakan kemenangan perdana di bawah Freddie Ljungberg.

Tambahan tiga angka membuat Arsenal ke urutan sembilan dengan 22 poin. Sementara West Ham tertahan di urutan ke-16 dengan 16 poin.

Jalannya Pertandingan West Ham Vs Arsenal

Arsenal lebih banyak menguasai bola daripada West Ham di awal laga. Namun mereka tampak kesulitan untuk memasuki lini pertahanan tuan rumah.

Mampu mematahkan serangan The Gunners, membuat West Ham perlahan mulai mampu mengembangkan permainan. Tak sekadar menunggu, mereka berani melakukan pressing di daerah pertahanan Arsenal.

Ancaman pertama dihadirkan West Ham pada menit ke-25. Bermula dari tendangan bebas Robert Snodgrass di sisi kanan, pemain Arsenal gagal menghalau dengan bola baik.

Sapuan bola justru mengarah Pablo Fornals yang tak terkawal di tiang jauh. Namun sepakan pemain asal Spanyol ini masih lemah sehingga mudah diamankan oleh Bernd Leno.

Pressing tinggi yang diterapkan West Ham mulai merepotkan Arsenal. Hasilnya anak asuhan Manuel Pellegrini mampu membuka skor di menit ke-39.

Sepak pojok West Ham melahirkan kemelut di depan gawang Arsenal. Bola kemudian mengarah ke Fornals di sisi kiri kotak penalti.

Ia lalu mengirim umpan silang berhasil disundul Angelo Ogbona. Sundulan pemain asal Italia ini membentur Ainsley Maitland-Niles.

Bola yang berubah arah mengecoh Leno sehingga skor berubah 1-0. Keunggulan ini berhasil dipertahankan West Ham hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Arsenal yang tertinggal meningkatkan intensitas serangan. Usaha mereka ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-60.

Umpan terobosan terukur Lucas Torreira menjangkau Sead Kolasinac yang naik membantu serangan di sektor kanan. Ia lalu melakukan umpan tarik yang disambar dengan sepakan keras Gabriel Martinelli di kotak penalti.

Bola meluncur deras ke kiri gawang West Ham. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Gol Martinelli melecut semangat anak asuhan Freddie Ljungberg. Enam menit berselang, Arsenal mampu berbalik memimpin 2-1 lewat aksi Nicolas Pepe.

Bergerak dari sisi kanan, Pepe menusuk ke West Ham lalu melakukan sepakan melengkung yang tak mampu dibendung David Martin.

Pepe kembali menjadi mimpi buruk bagi lini pertahanan West Ham. Di menit ke-69, umpan silangnya mampu dituntaskan Pierre-Emerick Aubameyang dengan tendangan voli untuk membuat Arsenal menjauh 3-1.

Di sisa waktu yang ada tak ada gol tambahan yang tercipta. Arsenal mengunci kemenangan 3-1 hingga laga tuntas. (009/detikcom)

Susunan Pemain West Ham Vs Arsenal

West Ham United: David Martin; Aaron Cresswell (Arthur Masuaku 51'), Angelo Ogbonna, Fabian Balbuena, Ryan Fredericks; Pablo Fornals, Declan Rice, Mark Noble, Robert Snodgrass (Nathan Holland 78'); Felipe Anderson (Sebastien Haller 71'); Michail Antonio.


Arsenal: Bernd Leno; Kieran Tierney (Sead Kolasinac 29'), Sokratis, Calum Chambers, Ainsley Maitland-Niles; Granit Xhaka (Matteo Guendouzi 86'), Lucas Torreira; Gabriel Martinelli, Mesut Ozil, Nicolas Pepe (Reiss Nelson 88'); Pierre-Emerick Aubameyang.