Israel Tengah Siapkan Serangan ke Iran

Rabu, 23 Oktober 2024

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (net)

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Israel tengah menyiapkan serangan besar-besaran terhadap  Iran sebagai balasan atas hujanan ratusan rudal balistik dan hipersonik ke Tel Aviv pada 1 Oktober lalu.

"Israel tengah mempersiapkan diri untuk melancarkan serangan besar terhadap Iran dengan persiapan termasuk memperkuat pertahanan untuk mengantisipasi potensi respons Iran," kata seorang pejabat Israel kepada lembaga penyiaran publik KAN pada Minggu (20/10) malam waktu setempat.

Namun, pejabat tersebut tidak menjelaskan strategi apa saja yang sedang disiapkan Israel untuk menyerang Iran. Ia juga tidak menjelaskan apa pun soal daftar target yang mungkin akan diserang Negeri Zionis.

Meski demikian, beberapa media Israel melaporkan bahwa Israel kemungkinan akan menyerang fasilitas-fasilitas vital milik Iran, seperti fasilitas nuklir dan kilang minyak meski sudah diwanti-wanti Amerika Serikat untuk tak menyerang fasilitas krusial tersebut.

Menurut AS, sekutu Israel, jika dampak serangan ke fasilitas nuklir dan minyak Iran bisa meluas hingga berbagai kawasan di dunia.

Sebelumnya, Iran melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel dengan menggunakan ratusan rudal pada 1 Oktober 2024 lalu. (*)