Penerbangan Langsung Incheon-Batam Resmi Beroperasi

Kamis, 17 Oktober 2024

Bandara Hang Nadim. (net)

TRANSKEPRI.COM.BATAM – PT Bandara Internasional Batam (BIB) meresmikan rute penerbangan internasional baru dari Incheon, Korea Selatan, ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Rute ini menjadi rute penerbangan langsung ketiga dari Korea ke Indonesia, setelah Jakarta dan Denpasar, Bali.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara, Lukman F. Laisa, menyatakan penerbangan perdana tersebut memakan waktu sekitar 6,5 jam, dengan soft launching yang tiba di Batam pada pukul 02.38 WIB dini hari, Kamis (17/10/2024). “Penerbangan ini sudah lama dinantikan. Setelah dua tahun menunggu, akhirnya hari ini terlaksana,” ujar Lukman.

Lukman juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, yang telah memastikan kelancaran penerbangan perdana ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Pikri Ilham Kurniansyah, menyampaikan bahwa sebelum Oktober 2024 (musim dingin), penerbangan dari Korea ke Batam akan berlangsung tiga kali seminggu, dan mulai 27 Oktober 2024 akan ditingkatkan menjadi empat kali seminggu.

“Harapannya, tahun depan penerbangan reguler dari Incheon ke Batam bisa terlaksana penuh pada musim panas 2025,” kata Pikri. Pada penerbangan perdana, terdapat 68 penumpang dengan visa kunjungan 30 hari.

Jeju Air dan Lion Air bekerja sama dalam rute ini, di mana Jeju Air bertindak sebagai operator penerbangan, sementara Lion Air sebagai marketing carrier. Tiket penerbangan Jeju Air dapat dibeli melalui sistem Lion Air.

Pikri juga menambahkan bahwa pihaknya tengah mengupayakan pembukaan visa center di Batam untuk memudahkan masyarakat setempat dalam pengurusan visa ke Korea, yang saat ini masih terpusat di Jakarta.

Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi PT Angkasa Pura Indonesia, Ferry Kusnowo, menyampaikan ucapan selamat atas pembukaan rute baru ini. Ia berharap rute ini dapat berjalan terus-menerus dan meningkatkan jumlah wisatawan Korea yang berkunjung ke Batam. (san)