SMSI Kukuhkan Pengurus Pusat Periode 2024-2029, Firdaus Paparkan Sejumlah Program Strategis

Kamis, 26 September 2024

Ketua Umum SMSI, Firdaus saat menyampaikan sambutan pada pelantikan pengurus SMSI periode 2024-2029, Kamis (26/09/24) di Gedung Dewan Pers Jakarta

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi melantik pengurus baru periode 2024-2029 dalam sebuah acara di Aula Dewan Pers, Jakarta, Kamis (26/09/24). Pelantikan ini juga sekaligus mengukuhkan forum pemimpin redaksi SMSI dari seluruh Indonesia.

Acara yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dan pimpinan redaksi senior dari berbagai media ini menandai babak baru bagi SMSI. 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana,Ilona Juwita, menyampaikan harapan agar pengurus baru dapat segera menjalankan program-program kerja yang telah disusun.

"Dengan pengurus yang lengkap, kita berharap program-program yang telah disepakati dalam kongres dan rapat kerja nasional dapat segera direalisasikan di seluruh daerah," ujar Ilona.

Ketua Umum SMSI terpilih kembali, Firdaus MSi, dalam pidatonya menekankan pentingnya peran media siber dalam menjaga keutuhan negara. Ia juga menyampaikan sejumlah rencana strategis, termasuk menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"SMSI harus menjadi kekuatan yang solid dalam menjaga keutuhan negara," tegas Firdaus. "Kami akan fokus pada peningkatan kualitas jurnalisme, pengembangan kapasitas sumber daya manusia, serta memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan teknologi global."

Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat, SMSI juga akan berupaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lanskap media. Firdaus menyebutkan bahwa SMSI akan mendorong agar media siber Indonesia mampu memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan metaverse untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pemberitaan.

Selain itu, SMSI juga akan berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan para pelaku media siber.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota SMSI, terutama UMKM media," kata Firdaus.

Pelantikan pengurus baru SMSI mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan teknologi. Kehadiran perwakilan dari Google News Initiative dan Ikatan Digital Indonesia (IDA) dalam acara ini menunjukan tingginya minat para pelaku industri digital untuk berkolaborasi dengan SMSI.

Dengan semangat baru dan komitmen yang kuat, SMSI siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital.Diharapkan, dengan kepemimpinan Firdaus, SMSI dapat semakin berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, turut dilantik Plt Ketua SMSI Kepri Rinaldi Sanjaya, sebagai Kompartemen organisasi dan daerah serta Ketua cabang SMSI Tanjungpinang Devi Yanti Nur, SP , sebagai kompertemen pengembangan bidang organisasi dan kompartemen bidang Digital dan mitra media siber. (*)