STQH VIII Anambas Siap Cetak Qori dan Qoriah Handal

Jumat, 17 Maret 2023

Pembukaan STQH Anambas di Lapangan Sepakbola Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara, Kamis (17/3/2023) malam. (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Ribuan masyarakat  padati  Lapangan Sepakbola  Desa Mubur  Kecamatan Siantan Utara untuk menyaksikan Seleksi Tilawatil Quran Hadist (STQH) ke VIII, tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Kamis malam (17/3/2023).

Iven akbar tersebut  secara resmi dibuka oleh Bupati  KKA  Abdul Haris, SH, MH. Acara sendiri berlangsung dengan khidmat. Diketahui sebelum pembukaan STQH VIII, pada siang hari dilakukan pembukaan Bazar yang ditandai dengan Pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Heryana Abdul Haris, SH, MH, kemudian usai Ba'da Ashar  dilakukan  temu  kafilah- kafilah bertempat dipanggung utama perhelatan STQH VIII.

Skema acara sendiri tertampil apik,  dimana seluruh agenda kegiatan tertata dengan rapi, serta dipersiapkan dengan matang, bahkan untuk memenuhi keinginan masyarakat untuk hadir pada acara tersebut,  pemerintah daerah mempersiapkan kapal dan Speedboat secara gratis. yang wara-wiri dilautan mengangkut masyarakat dari Ibu Kota ke Pulau Mubur.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH, MH mengatakan, pelaksanaan STQH VIII merupakan ajang untuk lebih mempererat tali silahturahmi masyarakat di Anambas,  melalui event dua tahunan Festival Al-Quran,  dengan 10 Kafilah yang menjadi utusan 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri.

Pada acara tersebut ungkap Orang Nomor satu di Kepulauan Anambas, mengambil tema. "
“Melalui STQH Ke VIII Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, Kita Kembangkan Generasi yang Berakhlak Karimah untuk Mewujudkan Generasi Milenial Quran.”

"STQH VIII merupakan  ajang silaturahim masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dalam pengembangan kekuatan islami agar dapat mewujudkan generasi milenial yang berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari,'ujarnya.

Diatas Mimbar pria yang juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan  Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengungkapkan, prinsip dari sendi-sendi  yang terkandung dalam Al-Qur'an dapat dijadikan  pedoman dan pelajaran bagi masyarakat untuk terus membangun tali persaudaraan,  ukhuwah Islamiah  dan hubungan antar umat beragama.

Dengan kemegahan pembukaan STQH VIII, Bupati memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bahu membahu menyukseskan acara tersebut. Tak lupa juga kepada kafilah yang hadir untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik

"Kepada dewan hakim agar dapat memberikan penilaian secara objektif dan berkeadilan dan memenuhi unsur syarat yang telah ditetapkan. Bagi qori-qoriah, dan Hafizh-Hafizhah  yang berpotensi maka Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengirimkannya menjadi wakil Anambas  ke ajang STQH tingkat Provinsi Kepri ,"tukasnya.

Sementara itu Ketua Panitia STQH VIII Sahtiar, SH, MM mengatakan, bahwa STQH ini merupakan Iven 2 tahunan yang   digelar secara berjenjang dari mulai tingkat Kecamatan  hingga tingkat nasional.

Iven ini juga lanjut suami Uray Dien Sutrisni, adalah untuk mencetak Qori dan Qoriah  dan  Hafizh-Hafizhah yang handal  asal Kabupaten Kepulauan Anambas, mengingat pemenang pada kegiatan ini akan membawa nama Anambas pada STQH  XV   tingkat Provinsi Kepri yang akan di gelar di Kabupaten Karimun.

"Harapan kita dengan Iven ini akan tercipta Qori-Qoria, dan Hafizh-Hafizhah yang handal dan mampu bersaing dalam kompetisi yang lebih tinggi yakni perhelatan Akbar STQH XV tingkat Provinsi Kepri"tutupnya. (yd)