Pemkab Anambas Gandeng Pemerintah Jepang Bangun Pariwisata dan Perikanan

Rabu, 15 Maret 2023

Pertemuan Bupati Anambas Abdul Haris, SH, MH dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia YM. Kanasugi Kenji, di Kantor Kedutaan Jepang, Senin (13/3/2023). (istmewa)

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) selangkah lagi akan menjalin kerjasama dengan pemerintah Jepang, hal itu terungkap usai pertemuan  Bupati Anambas Abdul Haris, SH, MH  dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia YM. Kanasugi Kenji, di Kantor Kedutaan Jepang, Senin (13/3/2023).

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, MH mengatakan, dalam pertemuan tersebut dibahas peluang pengelolaan potensi yang ada di Anambas, seperti Kelautan dan Perikanan serta Pariwisata.

Bahkan menurut Orang nomor satu di Kepulauan Anambas, pada pertemuan tersebut akhirnya tercapai kata sepakat akan dilanjut pada proses kerjasama.

"Alhamdulillah, dari  pertemuan dengan Kedubes Jepang, akan dilanjutkan dengan kerjasama antara Pemerintah Daerah  Anambas dan Jepang,"ujar Haris.

Lebih jauh kata Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah  (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kepri,  selain membuka peluang usaha,  Courtesy Meeting Bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia YM. Kanasugi Kenji di Kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, pihaknya menyampaikan gambaran umum Kabupaten Kepulauan Anambas yang  terletak di Laut Cina Selatan dan memiliki 5 pulau terluar, serta dilanjutkan dengan nilai - nilai sejarah keterikatan  secara historis Jepang dan Anambas pada tahun 1941.

 

"Dalam Courtesy Meeting ini, kami menyampaikan peluang -peluang investasi yang sangat berpotensi seperti Balai Benih Ikan dan Pengolahan Pengalengan Ikan, dari Aspek Pariwisata.  Kita berharap adanya kunjungan wisatawan Jepang ke Kabupaten Kepulauan Anambas dikarenakan Anambas memiliki 255 pulau indah yang bisa dinikmati keindahan alamnya dan  sangat memanjakan mata apabila  melihatnya," tuturnya.

Melalui Duta Besar Jepang YM. Kanasugi tambah suami Heryana, SE, pihaknya  juga berharap adanya kerjasama dan bantuan di bidang Kesehatan  seperti  diketahui teknologi Jepang sangat baik semoga melalui kerjasama nantinya fasilitas kesehatan di Kabupaten Kepulauan Anambas semakin meningkat dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,"ucapnya.

Pada kesempatan itu  Bupati mengundang  YM. Kanasugi Kenji berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Anambas pada bulan Juni 2023 ini, dimana akan ada  Event skala International yakni "Festival Padang Melang dan Rally Yatch" akan dilaksanakan pada awal Juni 2023 mendatang.

Sementara itu, menanggapi apa yang disampaikan Bupati Anambas Duta Besar Jepang untuk Indonesia  YM. Kanasugi Kenji  menawarkan,  beberapa program beasiswa pendidikan yang bisa di manfaatkan oleh putra - putri daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, mulai dari jenjang S1, S2, sampai S3.

BUPATI Anambas Abdul Haris, SH, MH  dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia YM. Kanasugi Kenji. (istimewa)

"Kita siap mendorong Program pelatihan  mitigasi penanganan bencana akibat ombak, atau abrasi laut di Mangrove Center Bali yang mana itu semua merupakan bantuan dari pemerintah Jepang.  Serta akan membawa beberapa Investor Jepang untuk berinvestasi di Kabupaten Kepulauan Anambas,"pungkasnya.

Pada kesempatan itu  Bupati di dampingi oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris BPBD, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan. (yd)