Ini Gaya Polsek Manis Mata Kalbar Beri Pemahaman pada Anak Usia Dini

Rabu, 15 Maret 2023

Personil Polsek Manis Mata, Polres Ketapang Polda Kalbar sambangi anak-anak TK HMDC 06 KBK PT. Cargill di Manis Mata, Selasa (14/3/2023). (istimewa)

TRANSKEPRI.COM.KETAPANG- Kepolisian Sektor (Polsek) Manis Mata, Polres Ketapang Polda Kalimantan Barat (Kalbar)  sambangi anak-anak TK HMDC 06 KBK PT. Cargill di Manis Mata, Selasa (14/3/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka pengenalan  satuan dan fungsi Kepolisian Republik Indonesia serta tugas - tugas masing-masing satuan dan fungsinya  kepada anak - anak.

Kapolsek Manis Mata Ipda Adi Sudirman KS, S.A.P., M.A.P melalui Kanit Binmas Polsek Manis Mata, Bripka Firmansyah, mengatakan, langkah semacam ini mesti harus ditaja, agar anak-anak sejak usia dini mengerti dan paham tugas dan fungsi seorang anggota Polri.

Iman panggilan akrab Bripka Firmansyah mengaku, kegiatan tersebut telah sejak lama  dilakukan oleh pihaknya, dan kali ini sasarannya adalah TK HMDC 06 KBK PT. Cargill.

"Alhamdulillah responnya sangat luar biasa, bahkan interaksi para siswa juga sangat baik sehingga saya bersama  Bhabinkamtibmas Desa Ratu Elok, Bripka Agus Fajarudin dapat dengan mudah menyatu bersama anak-anak tersebut."ujar Iman.

Lebih jauh ia menyampaikan, pada kegiatan tersebut, pihaknya mengenalkan satu persatu satuan - satuan yang ada di Kepolisian antara lain yakni,  fungsi teknis Binmas, Samapta, Lalu Lintas, Intel dan Reskrim.

“Kami menyelipkan pengenalan fungsi teknis ini lebih kepada apa yang sering terjadi dan di lihat sehari - hari oleh anak-anak, sehingga mudah di mengerti dan di pahami untuk seusia mereka,” bebernya.

Hal-hal yang disampaikan tambahnya, antara lain yakni seperti  berkendara wajib menggunakan helm, pengenalan tanda-tanda lalu lintas, anti narkoba, dan lainnya.

Antusiasme serta respon  dari anak - anak siswa TK HMDC 06 KBK sangat luar  biasa sambung Firmansyah Banyak pertanyaan - pertanyaan yang di utarakan oleh anak - anak tersebut menyangkut tugas tugas Polisi lainnya. Seperti Polisi Patroli, penangkapan pencuri, sampai tugas anjing - anjing Polisi, atau yang biasa disebut K9.

Sementara itu Kapala sekolah TK HMDC 06 KBK, Dormauli Sijabat menyampaikan,  ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pihak Kepolisian Polsek Manis Mata atas kunjungannya ke TK tersebut.

"Terimakasih sudah memberikan pelajaran yang sangat berharga untuk semua anak murid kam, dan sudah mengenalkan apa tugas Bapak Polisi yang sebenarnya.Ternyata tugas Bapak Polisi itu banyak, bukan hanya menangkap orang saja,” tutupnya sambil bergurau. (yd)