Pulau Noran Eksotisme di Ujung Negeri, Potensial Jadi Destinasi Wisata Anambas

Senin, 13 Februari 2023

Keindahan pantai di Pulau Noran, Anambas. (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Pulau Noran berpotensi menjadi destinasi baru di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Pulau seluas 8 Hektar tersebut berada di wilayah Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara.

Pulau yang  posisinya bersebrangan dengan dusun Palah memiliki karakter unik dengan keanekaragaman ekosistem baik hayati maupun hewani.

Sayangnya sampai saat ini pulau tersebut masih belum tersentuh tangan-tangan dingin yang dapat mengeksplor keberadaannya.

Aryadi Kepala Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara mengatakan, Pulau Noran memiliki karakter tersendiri dan agak berbeda dengan daerah dengan pulau lain.

"Pulau noran luar biasa, memiliki pantai dengan pasir putih, kemudian dipadukan dengan bebatuan yang tertata rapi, dikelilingi   oleh mangrove dan  kelapa yang tumbuh subur  di Pulau tersebut,"ujar Aryadi, Senin (13/2/2023).

Suami Susilawati menyampaikan, tak dapat dipungkiri pulau Noran merupakan maha karya eksotis yang diciptakan oleh Tuhan untuk memanjakan mata ciptaanya. Dengan air laut yang jernih, yang berisikan ikan melimpah, dan pasti adalah undak-undak batu seperti pemecah ombak yang menantang deburan ombak yang setiap menit menghantam.

Selain itu lanjut dia, untuk datang kesana tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya berkisar  setengah jam dari Kota Tarempa jika menggunakan speedboad, luar biasanya apabila angin kencang tidak terpengaruh.

"Pulau ini juga dikelilingi oleh  gugusan pulau sehingga makin menambah eksotisme pulau tersebut," tuturnya.

Kedepan tambah Aryadi, pihaknya akan berupaya mengeksplor pulau-pulau yang ada di Desa Mubur sehingga makin dikenal baik didalam maupun luar negeri.

"Selain akan dari pemerintah desa, kita juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata sehingga potensi dan destinasi yang ada didesa Mubur dapat menjadi salah satu sumber penunjang Pendapatan Asli Daerah,"imbuhnya. (yd)