Akibat Hujan 5 Jam Kota Tarempa Banjir, Ketinggian Air Capai 20 Centimeter

Senin, 06 Februari 2023

Akibat hujan yang mengguyur Kota Tarempa, Senin (06/02/23), menyebabkan terjadinya banjir. (transkepri.com/yd).

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Kota Tarempa dilanda Banjir, Senin (06/02/23). Tingginya intensitas hujan  yang mengguyur Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga tergenang.

Lurah Tarempa Kecamatan Siantan Syamsir, SAP mengatakan, sejumlah daerah yang tergenang banjir saat ini antara lain, Jalan Raden Saleh, Jalan Pattimura dan Sungai Sugi.

"Dari pantauan kita dilapangan saat ini tinggi air telah mencapai 10 centi meter, namun demikian ada juga daerah yang ketinggiannya mencapai 20 centi meter,"ujar Syamsir.

Ia menuturkan, hujan saat deras yang terjadi sekitar lima jam, tak pelak membuat sungai sugi meluap, hal ini membuat tempat-tempat yang  memang rawan tergenang.

Lebih jauh kata Pak Lurah, banjir ini merupakan  air  kiriman dari daerah atas seperti  Batu Tambun dan Rintis. Untungnya saat air tersebut lancar  terus mengarah kelaut, namun demikian kecilnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Sugi membuat air tetap melimpah dan banjir terjadi.

"Kita cukup beruntung saat ini air laut tidak pasang, jika pasang ini akan sangat berbahaya,"ucapnya.

Pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPPD dan stakeholder yang ada terus berkeliling memantau ketinggian air dan curah hujan.

"Harapan kita hujan cepat berhenti sehingga air segera surut  keadaan kembali normal,"katanya.

Hingga berita ini dirilis hujan lebat dan awan hitam masih terus memayungi kota Tarempa. (yd)