KMP Bahtera Nusantara 03 Produksi Anak Bangsa, Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Senin, 06 Februari 2023

Menhub, Budi Karya Sumadi saat soft launching KMP Bahtera Nusantara 03, Sabtu (04/02/23) di Pelabuhan Punggur Batam, didampingi Wali Kota Batam HM Rudi dan Ketua DPRD Batam, Nuryanto. (humaspemkobatam)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Menteri Perhubungan (Menhub) RI menyebut Kapal Motor Penumpang (KMP) Bahtera Nusantara 03 yang diproduksi perusahaan anak Bangsa PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) di Tanjunguncang Batam, pengoperasionalannya bakal diresmikan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo.

"Insha Allah kapal ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo, saya bangga kita mampu mewujudkan kapal ini. Sehingga mampu merangkai sejumlah pulau di Indonesia," ujar Menhub Budi Karya.

Menhub menambahkan, bahwa keberadaan kapal yang disoft launching dirinya, merupakan salah satu misi dari Presiden Jokowi yang bertekad untuk merangkai pulau yang satu dengan yang lainnya. Dan keberadaan kapal ini kata Budi Karya, terbukti mampu merangkai Kepulauan Riau dan Kalimantan.

KMP Bahtera Nusantara 03. (asdp)

Turut hadir dalam soft launching kapal tersebut Anggota DPR RI Cen Sui Lan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kapolda Kepri Irjen Tabana Bangun, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan Ketua DPRD Batam Nuryanto.

Seperti diketahui, Kapal Bahtera Nusantara 03, berukuran 1.500 gross ton (GT) yang memiliki spesifikasi panjang 71,92 m, lebar 14 m, tinggi 4,6 m, kecepatan diatas 15 knot ini, mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang, 24 orang ABK, 14 kendaraan truk besar, 12 truk sedang dan 10 unit kendaraan roda 4 ini, nantinya akan melayani lintas Uban – Tambelan – Sintete – Sambas Kalimantan Barat.

Kehadiran kapal penyebrangan ini akan mempermudah mobilitas masyarakat yang akan melakukan penyebrangan, sekaligus membuka akses lebih luas lagi khususnya untuk wilayah kepulauan, perbatasan serta tertinggal, terluar dan terdepan. (san)