MUI Batam Dorong Lembaga Keuangan Syariah Terus Kuatkan Ekonomi Umat

Jumat, 27 Januari 2023

Rapat koordinasi MUI Batam dengan lembaga keuangan syariah dan ekonomi umat, beberapa waktu lalu di Wisma PIH Batam. (muibatam)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam menggelar rapat konsultasi dan koordinasi bersama sejumlah lembaga keuangan syariah dan ekonomi umat. Rapat yang digelar di Wisma PIH Hotel Batam (18/12/2022) mengusung tema tentang Penguatan Ekonomi Umat.

"Kegiatan ini selaras dengan kebijakan Walikota Batam  yang terus mendorong penguatan ekonomi umat. Umat islam bersama lembaga keuangan dan ekonomi umat harus membangun sinergi untuk mewujudkan kekuatan ekonomi sebagai pilar Batam sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera." tegasnya.

Rapat Koordinasi diikuti oleh stakeholder jasa keuangan syariah seperti  Bank Syariah Indonesia (BSI), BTN Syariah, Bank Riau Kepri Syariah (BRKS), Bank Syarikat Madani, Pegadaian Syariah, Juragan Gadai Syariah, BAZNAS dan LAZ, Badan Wakaf Indonesia (BWI), Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau.

Dalam rapat ini disampaikan sejumlah rekomendasi diantaranya lembaga keuangan syariah khususnya perbankan syariah di Kota Batam diharapkan secara terus menerus memberikan sosialisasi tentang sistem ekonomi syariah di masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan peran masyarakat muslim dalam  menggunakan jasa keuangan syariah di Kota Batam. 

Selanjutnya, MUI Kota Batam diharapkan menyelenggarakan muzakarah 
berkala sistem ekonomi syariah bekerjasama dengan lembaga Keuangan Syariah. Demikian juga Pemerintah Kota Batam dalam memberikan bantuan / hibah kepada perseorangan,  organisasi atau badan hukum Islam mensyaratkan agar penerima bantuan / hibah menggunakan rekening bank syariah. (rilis)