812 Calon PPPK Guru Ujian Seleksi

Kamis, 19 Januari 2023

Sekda Kota Batam Jefridin Hamid Memantau Ujian Seleksi Calon PPPK, Rabu (18/1) foto diskominfo batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sebanyak 812 calon PPPK jabatan fungsional (JF) guru bagi pelamar umum di lingkungan Pemko Batam melaksanakan ujian seleksi dengan menggunakan CAT UNBK.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid hadir dan memantau langsung ujian seleksi calon PPPK JF guru, yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada 18 dan 19 Januari 2023 tersebut.

Disampaikan Jefridin dasar pelaksanaan seleksi ASN PPPK untuk JF guru bagi pelamar umum di lingkungan Pemko Batam adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi Nomor 20 tahun 2022.

"Tentang pengadaan PPPK JF guru, dimana Pemko Batam mendapatkan formasi berjumlah 1.603," kata Jefridin, Rabu (18/1/2023).

Pelaksanaan seleksi ASN PPK untuk JF guru bagi pelamar umum di lingkungan Pemko Batam  dilaksanakan dengan enam prinsip, di antaranya adalah kompetitif, yaitu bersaing secara sehat dab hasil didasarkan nilai ambang batas kelulusan dan/atau nilai tertinggi.

Kemudian, adil, yaitu proses pelaksanaan tidak memihak dan sama rata. Objektif, yaitu proses pendaftaran dan penentuan kelulusan didasarkan pada persyaratan dan hasil seleksi.

Selanjutnya, transparan, yaitu proses pelamaran, pendaftaran, pelaksanaan, seleksi, pengolahan hasil serta pengumuman dilakukan secara terbuka, serta bersih dari KKN, yaitu proses seleksi harus terhindar dari unsur KKN

"Dan terakhir tidak dipungut biaya, yaitu pelamar tidak dibebankan biaya apapun dalam proses seleksi. Maka itu, jangan percaya jika ada tawaran dari pihak atau siapun yang menjanjikan dapat membantu kelulusan PPPK," pesan Jefridin.

Seleksi calon PPPK JF guru dari peserta umum yang mengkuti seleksi yakni berjumlah 812 peserta menggunakan CAT UNBK. Dengan materi kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta wawancara.  

Ujian seleksi tersebut dilaksanakan dalam waktu 170 menit dengan rincian materi yakni ompetensi teknis berjumlah 100 soal dengan waktu 120 menit dan nilai maksimal 500.

"Kompetensi teknis untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan prilaku berkaitan bidang teknis jabatan," katanya.

Kemudan kompetensi manajerial dan sosial kultural berjumlah total 45 soal dengan waktu 40 menit dan nilai maksimal 200. Kompetensi manajerial ini untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan prilaku dalam memimpin atau mengelola organisasi.

Selanjutnya yaitu kompetensi sosial kultural untuk mengukur pengetahuan. Keterampilan, dan prilaku terkait dengan interaksi dengan masyarakat.

"Selain itu juga wawancara selama 10 menit dengan 10 pertanyaan dan nilai maksimal 40. Wawancara untuk mengukur integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan metode CAT UNBK," kata Jefridin.

Pengumuman hasil seleksi dilakukan oleh kemendikbudristek melalui website sscasn.bkn.go.id, gurupppk.kemdikbud.go.id, dan website bkpsdm.batam.go.id.

"Semoga pelaksanaan seleksi pppk untuk jf guru bagi pelamar umum berjalan lancar dan sukses," katanya.(advertorial)