Wujudkan Pemilu Berkualitas, Bawaslu Libatkan Pramuka

Jumat, 25 November 2022

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam Amsakar Achmad hadir dalam Rapat persiapan pembentukan dan pelantikan Saka Adhyasta Pemilu di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bawaslu Kota Batam, Kamis (24/11) siang.

"Kami mengapresiasi Bawaslu yang melibatkan Pramuka, kami anggap bahwa ini merupakan upaya mewujudkan pemilu yang berkualitas," kata dia.

Menurutnya, berangkat dari kepercayaan dari Bawaslu kepada Pramuka ini, tidak alasan untuk menunda untuk bersama-sama ambil bagian mewujudkan pemilu yang berkualitas.

"Semakin banyak pihak yang dilibatkan, Pemilu akan semakin bermutu dan berkualitas. Dan, ini adalah tujuan kita bersama," imbuh Amsakar yang juga Wakil Wali Kota Batam.

Tindak lanjut dari rapat ini, ia berharap kedua pihak terkait akan segera menformulasikan kerjasama yang sifatnya konkret.

"Baik dari segi operasional maupun komposisi kepengurusannya," harap dia.

Kepada Bawaslu Kota Batam, ia berharap agar juga dapat menerangkan secara detil perihal norma, standar, prosedur, dan kriteria atau NSPK kepada Saka Adhyasta Pemilu.

"Tentu kita inginkan bersama, ini tak sekadar dibentuk. Namun juga tahu kewenangannya, tugas hingga fungsi masing-masing," ujarnya.

Ia ingin melalui Saka Adhyasta Pemilu, Pramuka kembali lagi meneguhkan peran, bahwa Gerakan Pramuka selalu membawa manfaat dalam berbagai bidang.

"Jadi kalau sudah terbentuk, Saka ini tidak hanya memenuhi sekadar azas formal tapi dalam rangka tercapainya substansi (pemilu yang berkualitas)," pungkasnya.(r)