Normalisasi Sungai Batang Asik Jadi Perhatian Anggota DPRD Sumbar

Senin, 24 Oktober 2022

TRANSKEPRI.COM.PASAMAN- Aspirasi masyarakat Padang Nunang, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan, diserap saat anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Khairuddin Simanjuntak gelar penyerapan dan penghimpunan aspirasi masyarakat (Reses), Minggu (23/10).

Diantaranya, normalisasi sungai Batang Asik, pembangunan saluran irigasi persawahan, pembangunan masjid, pembangunan sarana air bersih, penerangan jalan umum (PJU), pengadaan tanah pandam pekuburan, bantuan rebana untuk wirid yasin dan bantuan ternak itik untuk kelompok tani wanita (KWT). 

"Untuk pengadaan tanah wakaf (pandam perkuburan), saya bantu Rp5 juta. Ini sebagai tambahan uang yang sudah terkumpul. Nanti, kita cari tanah wakaf yang dekat dengan kampung dan murah," ujar Khairuddin Simanjuntak, dihadapan Camat Rao Selatan, Khairul Insan, Walinagari Lubuk Layang, Muhammad Uldi dan para ninik mamak. 

"Untuk normalisasi sungai Batang Asik, kata Khairuddin, ia akan menghadirkan pihak Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumbar ke lokasi. Guna meninjau sungai yang kerap menyebabkan wilayah itu kebanjiran setiap tahun. 

"Nanti kita hadirkan pihak untuk meninjau lokasi. Pemetaan, ini penting agar kampung ini tidak lagi dilanda banjir setiap musim penghujan tiba, katanya(fzi)