Liga Inggris, Brentford Bantai MU 4-0

Ahad, 14 Agustus 2022

MU dibantai

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Brentford tampil ganas saat menjamu Manchester United di pekan kedua Liga Inggris musim ini. Si Lebah berhasil menyengat Setan Merah dan menang dengan skor telak 4-0.

Bermain di Gtech Community Stadium, Sabtu (13/8/2022), seluruh gol Brentford tercipta di babak pertama. Joshua Dasilva membuka keunggulan di menit ke-10, disusul Mathias Jensen (18'), Ben Mee (31'), dan Bryan Mbeumo (35').

Kekalahan ini membuat MU belum meraih poin di dua laga perdana musim ini. Skuad besutan Erik ten Hag ada di posisi juru kunci klasemen sementara dengan 0 poin. Sementara itu, Brentford naik ke posisi tiga dengan 4 poin.

Statistik

 

  • 33.4% Possession 66.6%
    46.3% Duels success rate 53.8%
    39.1% Aerial duels won 60.9%
    8 Interceptions 10
    1 Offsides 2
    8 Corners 2

 

Jalannya pertandingan

MU menurunkan Cristiano Ronaldo sebagai starter. Ia langsung mendapat peluang di menit ke-4, tetapi sepakan jarak jauhnya bisa diamankan kiper Brentford, David Raya. Menit ke-10, tuan rumah membuka keunggulan.

Proses gol bermula saat bola yang berada dalam penguasaan Ronaldo berhasil direbut lini serang Brentford, menghasilkan serangan balik. Mathias Jensen langsung mengirim umpan mendatar kepada Joshua Dasilva yang berdiri bebas.

Penyerang 23 tahun itu melepaskan sepakan mendatar dari luar kotak penalti ke sudut kanan gawang MU. De Gea coba menangkap, namun terlepas kemudian masuk ke gawang. Tuan rumah memimpin 1-0.

MU mencoba bangkit, namun justru kembali kebobolan di menit ke-18 lewat situasi konyol. Umpan pendek De Gea kepada Christian Eriksen direbut Mathias Jensen di kotak penalti MU, yang kemudian menembak bola ke sudut kiri, mengecoh De Gea.

Brentford kembali menambah keunggulan di menit ke-31. Sepak pojok yang dilepaskan Bryan Mbeumo disundul Ivan Toney ke depan gawang MU, kemudian diteruskan Ben Mee juga lewat sundulan. Gol keempat tuan rumah menyusul empat menit kemudian.

Jansen berhasil merebut bola yang dikuasai Jadon Sancho di kotak penalti Brentford, lalu melepaskan long pass yang berhasil diterima Toney di sisi kiri lapangan.

Toney kemudian mengirim umpan kepada Mbeumo yang berlari menuju kotak penalti. Meski sempat dibayang-bayangi Luke Shaw, Mbeumo dengan tenang melepaskan tembakan yang gagal diselamatkan De Gea. Skor 4-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Brentford hampir mencetak gol kelima di menit ke-50. Lewat situasi sepak pojok, Aaron Hickey berhasil mendapat ruang tembak dari sudut kanan kotak penalti, namun sepakannya berhasil diblok De Gea.

Ronaldo punya dua kesempatan beruntun untuk mencetak gol usai menerima dua crossing dari Diogo Dalot, masing-masing di menit ke-51 dan 52. Umpan-umpan tersebut dituntaskan dengan sundulan, namun tak ada yang tepat sasaran.

MU kembali memperoleh peluang di menit ke-67, saat Marcus Rashford melepaskan crossing ke depan gawang Brentford, mengarah kepada Eriksen, namun sundulan gelandang asal Denmark itu berhasil diselamatkan oleh David Raya.

Ronaldo kembali melakukan percobaan jarak jauh di menit ke-73, namun lagi-lagi melenceng dari sasaran. Ia total melepaskan 6 shot di laga ini, tak ada yang berbuah gol.

Brentford tak diam saja meski sudah unggul nyaman. Rico Henry punya kans mencetak gol dari luar kotak penalti saat berhasil memenangkan second ball, namun tembakan kerasnya di menit ke-80 berakhir di tangan De Gea. Skor 4-0 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Brentford: Raya, Hickey (Onyeka 80'), Jansson, Mee, Henry, Norgaard (Sorensen 80'), Roerslev, Jensen (Baptiste 74'), Dasilva (Janelt 62'), Mbeumo (Wissa 73'), Toney.

Manchester United: De Gea, Dalot, Maguire, Martinez (Varane 46'), Shaw (Malacia 46'), Fred (McTominay 46'), Fernandes, Eriksen (Van de Beek 87'), Sancho (Elanga 60'), Rashford, Ronaldo. (tm)