Ukir Sejarah, Laos Singkirkan Thailand di Semifinal

Kamis, 14 Juli 2022

Piala AFF U-19 Tahun 2022

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Laos mengukir sejarah lolos ke final Piala AFF U-19 untuk kali pertama. Itu terjadi setelah menyingkirkan Thailand U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2022.

Laos secara mengejutkan sukses mengalahkan Thailand 2-0 pada laga semifinal yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekas, Rabu (13/7).

Meski lebih banyak ditekan, Laos berhasil mencuri gol lebih dulu di menit kedelapan lewat aksi Peter Phantavong.

Thailand yang mendominasi penguasaan bola terus berupaya untuk mengejar ketinggalan. Namun, justru Laos yang mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-84 lewat aksi ciamik Narongsak Naengwongsa.

Lolos ke final Piala AFF U-19 menjadi sejarah baru bagi Laos. Tim berjuluk Young Million Elephants itu baru pertama kali tampil di final di sepanjang turnamen kelompok ini bergulir.

Prestasi terbaik Laos di Piala AFF U-19 adalah menyandang gelar peringkat ketiga terbaik sebanyak tiga kali. Pencapaian tersebut terjadi pada edisi 2022, 2005, dan 2015.

Sementara bagi Malaysia, final Piala AFF U-19 di Indonesia merupakan yang kedelapan kalinya. Satu gelar juara pernah diraih pada Piala AFF U-19 2018.

Malaysia memang lebih banyak mencicipi laga final dibanding Laos di turnamen ini. Namun, Laos di bawah kendali Hans Michael Weiss tak boleh dipandang sebelah mata.

Malaysia pernah bertekuk lutut dibuat Laos di babak penyisihan Grup B. Kala itu Laos berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Malaysia berkat gol tunggal Peter Phanthavong.

Kemenangan tersebut membuat Laos lolos ke semifinal sebagai juara Grup B dengan koleksi 12 poin. Sementara Malaysia harus puas jadi runner up dengan mengemas nilai tujuh. (tm)