Surya Paloh Singgung Hasil Survei saat Bicarakan Capres di Rakernas NasDem

Kamis, 16 Juni 2022

Surya Paloh

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Surya Paloh bicara soal pemilihan capres di Partai NasDem. Surya Paloh menyebut pemilihan capres NasDem tak melulu berpatokan terhadap hasil survei.

"Partai NasDem tidak selalu membebek pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," kata Surya Paloh dalam sambutannya saat membuka Rakernas NasDem 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Paloh menuturkan kriteria capres NasDem juga tidak harus ketua umum partai politik. Politikus senior Tanah Air itu menekankan semua orang memiliki peluang sama untuk bisa menjadi capres.

"Setara bagi semuanya, tidak hanya pada ketua umum partai politik, kepala daerah atau para menteri untuk menjadi seorang capres," ujar Surya Paloh.

"NasDem ingin memberi ruang yang seluas-luasnya bagi seluruh putra-putri yang merasa mampu untuk mencalonkan dirinya sebagai pemimpin di negeri ini," imbuhnya.

Paloh melanjutkan dalam rakernas kali ini akan ditentukan 3 kandidat capres usungan NasDem. Ketiga kandidat itu, sebut dia, merupakan hasil usulan dari 34 DPW NasDem.

"Mencari aspirasi dari berbagai kalangan untuk menentukan 3 calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan dimajukan oleh Partai NasDem," ucap Surya Paloh.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali mengungkap beberapa nama yang bakal dibahas dalam rakernas untuk diusung sebagai capres. Ada 2 nama yang disebut Ahmad Ali, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Kalau kita lihat aspirasi beberapa wilayah yang muncul tidak jauh-jauh menyebut nama Anies, kemudian nama Ganjar. Dua nama itu yang hari ini tidak jauh yang muncul di wilayah," kata Ahmad Ali di JCC. (tm)