Terkait Pengangguran, Komisi IV DPRD Batam Sampaikan Hal Ini ke Disnaker

Kamis, 09 Juni 2022

Anggota Komisi IV DPRD Batam, Muhammad Mustofa

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Masih banyaknya warga Batam yang menganggur, membuat Komisi IV DPRD Batam menyoroti kinerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam.

Anggota Komisi IV DPRD Batam, Muhammad Mustofa mengatakan, di Disnaker ada yang membidangi penempatan tenaga kerja, akan tetapi pihak Disnaker Batam mengakui kalau SDM di bidang tertentu masih kurang. Menurutnya bidang tersebut bisa bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Batam.

"Kita tidak bisa menyalahkan perusahaan yang merekrut tenaga kerja dari luar Batam, karena konvensi ILO melindungi dan membolehkan hal  itu, semua warga negara berhak mendapatkan pekerjaan yang layak," kata anggota Komisi IV DPRD Baram, Muhammad Mustofa, saat RDP di komisi IV terkait rekrutmen tenaga kerja, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya Disnaker Batam harus punya peranan penting dan membuat berbagai terobosan saat angka pengangguran di Batam tinggi.

"Disnaker harus membuat terobosan dan bersikap proaktif. Contoh dari PT Pegatron yang membutuhkan karyawan sebanyak 2.000 orang, nah Disnaker kota Batam dengan pedenya mengatakan tidak bisa support, dengan alasan mereka punya kantor yang kecil, nah ini kan aneh," tanya Mustofa.

Menyikapi hal itu, anggota DPRD dari PKS ini meminta kepada Disnaker Batam agar dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, sehingga setiap adanya peluang kerja, dapat dimanfaat oleh warga Batam dengan baik. **