Final Liga Champions Dini Hari Nanti, Liverpool vs Real Madrid

Sabtu, 28 Mei 2022

Final Liga Champions 2022

TRANSKEPRI.COM.PARIS- Liverpool akan bersua lawan yang mengalahkan mereka empat tahun lalu yakni Real Madrid di final Liga Champions, Minggu (29/5) dini hari WIB.

Tak pelak, pertemuan kontra Madrid di Stade de France, Paris, Prancis bakal terasa spesial. Ada balutan dendam yang begitu kentara terasa jelang laga nanti.

Empat tahun lalu asa The Reds mengangkat trofi digagalkan Madrid. Los Merengues yang ketika itu masih bertabur bintang benar-benar membuat Liverpool tenggelam di Kiev.

Kekalahan itu terasa semakin menyakitkan bukan hanya karena Mohamed Salah jadi korban permainan 'kotor' mantan kapten Madrid, Sergio Ramos.

Namun juga dikarenakan Liverpool takluk karena kesalahan elementer yang haram terjadi untuk pertandingan final.

Dua blunder Loris Karius membuat Liverpool menderita dan pulang dengan tangan hampa. Skuad asuhan Jurgen Klopp tak mampu bangkit lagi meski sebenarnya sempat menyamakan kedudukan melalui gol Sadio Mane di laga tersebut.

Kesalahan semacam itu jelas pantang terulang di Paris. Beruntung buat Klopp skuad Liverpool musim ini sudah jauh lebih matang dibandingkan empat tahun lalu.

Di pos penjaga gawang sudah tidak terdapat nama Karius. Posisi kiper asal Jerman itu telah digantikan Alisson Becker yang terbukti mampu memberi rasa aman dan turut andil dalam sukses Liverpool juara Liga Champions semusim berselang usai dikalahkan Madrid.

Materi pemain Liverpool pun sudah jauh lebih mentereng. Begitu pula dengan kualitas tim yang sudah teruji dengan kemampuan tim kota pelabuhan selalu terlibat dalam persaingan meraih gelar Liga Inggris, termasuk saat memastikan gelar ke-19 pada musim 2019/2020.

Dari segi mental, Liverpool juga tak perlu diragukan. Klopp bukan hanya berhasil membentuk tim yang mengesankan secara taktik tetapi juga terbukti punya mental bagus karena tak pernah minder melawan tim-tim hebat.

Kombinasi ini yang membuat Liverpool terbilang menakutkan buat tim manapun tak terkecuali Madrid. Bahkan dari segi materi pemain saat ini, Liverpool terbilang lebih berkilau ketimbang sang lawan, Madrid.

Maka wajar Liverpool pantas menyandang tim favorit untuk meraih gelar di laga nanti. Meskipun Madrid datang dengan status tim tersukses di Liga Champions. (tm)