Kalahkan Thailand 1-0, Vietnam Rebut Emas Sepakbola SEA Games 2021

Ahad, 22 Mei 2022

Vietnam raih emas sepakbola SEA Games 2021

TRANSKEPRI.COM.HANOI- Vietnam U-23 berhasil mempertahankan torehan medali emas usai mengalahkan Thailand U-23 1-0 pada final sepak bola SEA Games 2021 (2022) di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5) malam.

Hasil ini membuat Vietnam mengulangi prestasi mereka di SEA Games 2019. Ketika itu tim asuhan Park Hang Seo juga meraih medali emas setelah mengalahkan Timnas Indonesia di partai final.

Vietnam langsung mendapatkan peluang saat pertandingan baru berjalan dua menit. Nguyen Tung Van melepaskan tembakan yang masih berada di sisi gawang.

Skuad asuhan Park Hang Seo semakin bersemangat untuk bisa menciptakan gol cepat. Alhasil, Thailand dipaksa bertahan untuk menahan gempuran pasukan tuan rumah.

Vietnam pun kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-19. Sundulan Nguyen Tien Linh memanfaatkan umpan silang sebenarnya mengarah ke gawang tetapi masih muda diantisipasi Kawin Thamsatchanan.

Tien Linh semakin bersemangat untuk menciptakan gol usai mendapatkan peluang pertamanya. Kali ini tembakan spekulasi dilepaskan penyerang berusia 24 itu dari luar kotak penalti tetapi masih jauh dari sasaran.

Thailand baru bisa keluar dari tekanan Vietnam mendekati akhir babak pertama. Jonathan Khemdee melepaskan sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok yang masih berada di atas mistar gawang.

Setelah itu Vietnam dan Thailand tetap belum mampu menciptakan gol. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Thailand memulai babak kedua dengan baik. Tim yang diarsiteki Alexandre 'Mano' Polking bahkan begitu percaya diri memainkan tempo permainan.

Hanya saja penguasaan bola itu tidak lantas membuat Thailand bisa leluasa menciptakan peluang. Disiplinnya pertahanan The Golden Stars membuat Thailand tak mudah memberikan ancaman.

Pada menit ke-70, Vietnam menebar ancaman. Umpan dari sisi kanan penyerangan mengarah ke Nham Manh Dung tetapi bola bisa disapu pemain belakang Thailand.

Serangan yang gencar dilakukan oleh Vietnam akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-84. Umpan silang dari sisi kiri penyerangan mampu dimanfaatkan Nham Manh Dung melalui sundulan untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Pada masa injury time, Thailand mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Hanya saja tembakan Nakin Wisetchat masih berada di atas mistar gawang Vietnam.

Setelah itu tidak ada gol lagi yang tercipta. Vietnam keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 untuk meraih medali emas sepak bola SEA Games 2021 (2022). (tm)