Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Domestik Karimun, Penumpang Tujuan Batam Mendominasi

Sabtu, 07 Mei 2022

Pelabuhan Domestik Karimun

TRANSKEPRI.COM, KARIMUN - Arus balik penumpang mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau membeludak meskipun belum mencapai puncaknya.
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun merinci, tujuan keberangkatan penumpang diketahui adalah Kota Batam, Tanjungpinang, dan juga sejumlah daerah di Provinsi Riau.
Tingginya arus balik penumpang tersebut, telah terhitung sejak H+3 Lebaran atau hari Jumat (6/5/2022) kemarin. Tercatat ada sebanyak 2.705 penumpang yang turun dan sebanyak 3.149 penumpang yang berangkat di pelabuhan domestik Karimun.
"Kalau di pelabuhan domestik, lonjakan arus penumpang terjadi pada H+3 sudah terpantau ramai, hingga sampai hari ini masih tinggi," kata Kabid Lalulintas Angkutan Laut KSOP Tanjungbalai Karimun, Capt. Heru Maryanto, Sabtu (7/5/2022).

Disebutkan juga bahwa, kondisi tersebut juga akan terjadi pada esok hari, Minggu (8/5/2022) mengingat aktivitas sekolah dan perkantoran akan kembali normal pada Senin depan (9/5/2022).

"Kalau besok, diperkirakan masih tinggi untuk penumpang dengan tujuan luar provinsi," ucapnya.

Tidak hanya pelabuhan domestik, pelabuhan antar-pulau juga terjadi lonjakan penumpang yang cukup tinggi.

Ribuan orang berlalu lalang setiap harinya, baik yang berangkat ke pulau maupun yang datang dari pulau.

"Antar-pulau meningkat juga, untuk hari biasa normalnya sekitar 800 penumpang. Untuk saat sekarang ini mencapai 2.000-an orang, baik itu yang datang maupun yang berangkat," ujarnya.

Dari data KSOP kelas I Tanjungbalai Karimun hingga Jumat kemarin, total penumpang yang berlalu lalang di semua pelabuhan sejak 17 April hingga 6 Mei 2022, sudah mencapai 201.469 orang. (btmn)