Di Singapore Air Show Tim Jupiters TNI AU Peragakan 15 Manuver

Jumat, 31 Januari 2020

Tim Jupiters Aerobatik TNI AU

TRANSKEPRI.COM.SLEMAN- Jupiters Aerobatik Team (JAT) melaksanakan latihan sebelum bertolak ke ajang Singapore Air Show (SAS)pada tanggal 3-18 Februari 2020. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna menghadiri latihan hari ini di Lanud Adisutjipto, Sleman.

"Sebagai duta bangsa dan negara Indonesia, JAT merupakan representasi dari kemampuan dan keprofesionalan penerbang TNI AU dalam mewujudkan World Class Air Force di mata dunia internasional," ujar Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada wartawan di Base Ops Lanud Adisutjipto, Sleman, Jumat (31/1/20).

Selain melihat langsung kesiapan tim, Yuyu juga memberikan pengarahan kepada seluruh JAT. Dia meminta agar JAT selalu mengutamakan keamanan dalam setiap kegiatan penerbangan.

"Yang paling penting tetap harus safety dalam setiap penerbangan," ujar Yuyu Sutisna.

Sesi latihan Tim Jupiter di Base Ops Lanud Adisutjipto berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Mereka menampilkan 15 manuver udara dengan sempurna.

"Tadi mereka memeragakan 15 manuver udara di antaranya Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Clover Leaf, Break Off, Jupiter Wheel, Tango To Diamond, Screw Roll, Leader Benefit, Mirror, Jupiter Roll, Five Cards Loop Solo Spin, Jupiter Roll Back dan Boom Burst," jelasnya.

Sejauh ini JAT telah melaksanakan latihan intensif sebanyak enam kali latihan. Mereka juga dibekali dengan trik untuk mencegah terjangkit novel coronavirus (2019-nCoV) yang saat ini sudah merebak ke berbagai negara.

"Mereka (JAT) juga mendapat pembekalan tentang pencegahan dan penanganan virus Korona dari Ka RSPAU dr Hardjolukito," ucapnya.

Team JAT rencananya akan bertolak menuju Singapura dengan rute Lanud Adisutjipto, Halim Perdanakusuma, Palembang, dan Singapura.

Tim ini terdiri dari supervisor yakni Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir Bob Henry Panggabean. Selain itu terdapat pula Mission Comander Danwingdikterbang Kolonel Pnb Dedi Susanto, Leader Danskadik 102 Letkol Pnb Muhammad Yunus, Jupiter 2 'Right Wing' Kapten Pnb Ngurah Satya, Jupiter 3 'Left Wing' Kapten Pnb Pujo Setyo Anggoro, Jupiter 4 'Slot' Letkol Pnb Iwan Setiawan, Jupiter 5 'Lead Synchro' Mayor Pnb Dika Mahendra dan Jupiter 6 Synchro Mayor Pnb Ari Widodo dan Jupiter 7 Narator Kapten Pnb Bayu Anugerah.(009)