Ketum TP PKK Apresiasi Atas Peluncuran Aplikasi SIAP PANDU

Rabu, 09 Maret 2022

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian mengapresiasi Sistem Aplikasi Pos Pelayanan Terpadu (SIAP PANDU) yang diluncurkan oleh TP PKK Kepulauan Riau saat peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 PKK yang diadakan di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (08/03/2022).  

Menurut Tri Tito Karnavian, SIAP PANDU merupakan bentuk kreasi dan inovasi yang sangat baik karena memudahkan kader posyandu, tidak hanya menyebarluaskan program-programnya, tetapi juga untuk memudahkan pembuatan laporan hingga kegiatan lainnya. 

"SIAP PANDU ini adalah salah satu kreasi dan inovasi dari TP PKK Kepri yang sangat baik karena memudahkan kader posyandu, melalui SIAP PANDU tidak hanya bisa menyebarluaskan program-programnya, tetapi juga bisa untuk pembuatan laporan serta kegiatan lainnya," ujar Tri. 

Tri mengungkapkan dengan adanya SIAP PANDU ini, sangat mendukung program Gubernur Kepri terkait digitalisasi segala aspek kegiatan masyarakat. Tri berharap TP PKK seluruh Indonesia dapat menduplikasi program ini karena sangat baik. 

"Mudah-mudahan aplikasi seperti ini bisa diduplikasi di TP PKK seluruh Indonesia karena ini bagus sekali," ungkap Tri.  

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan pemerintah daerah harus bisa mencontoh terobosan kreatif dan inovasi dari TP PKK Kepulauan Riau. Menurut Tito, adanya terobosan ini dapat membantu tugas pokok kepala daerah dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.  

"Yang begini, daerah lain harus mencontoh, ini terobosan kreatif dan inovatif, tujuannya apa untuk membantu kepala daerah mencapai tugas pokoknya percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat khususnya keluarga," terang Tito. 

SIAP PANDU dilaunching oleh Mendagri bersama Ketum TP PKK dengan didampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad beserta Ketua TP PKK Kepri Dewi Kumalasari Ansar. 

Melalui SIAP PANDU para kader Riau posyandu akan dimudahkan dengan data yang terintegrasi secara digital se-Provinsi Kepulauan Riau.(r)