Banjir Rendam Sejumlah Rumah di Rohul dan Inhu

Ahad, 26 Desember 2021

Ilustrasi: Arus sungai melimpah

TRANSKEPRI.COM.PEKANBARU-Banjir menerjang Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Sabtu (25/12). Sejumlah rumah warga yang berada di lokasi tersebut terendam banjir.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan banjir dipicu hujan deras yang membuat Sungai Pawan dan Sungai Cenaku meluap.

Wilayah terdampak banjir antara lain Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Rambah Tengah Barat, Deda Pematang Berangan, Desa Babussalam, Desa Koto Tinggi, dan Kelurahan Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah.Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, Sabtu (25/12) pukul 19.00 WIB, terdapat sedikitnya 1.439 jiwa terdampak di Kabupaten Rokan Hulu.

Kemudian Desa Lubuk Napal, Desa Teluk Aur, Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo; serta Desa Rambah, Kecamatan Hilir.

Sementara terdapat 109 jiwa terdampak yang bermukim di Desa Kelesa, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu.

"Bantuan logistik dan pendirian dapur umum juga telah diberikan kepada para warga terdampak sebagai upaya percepatan penanganan banjir," ujar Mujari.

Banjir mulai surut di beberapa titik. Warga pun kembali ke rumah untuk bersih-bersih. Beberapa titik masih tergenang, seperti di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

Merujuk informasi peringatan dini BMKG, hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Pelalawan pada pagi dan sore atau malam hari.

BNPB menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. (tm)