Peringati Hari Disabilitas, Rahma Imbau Berikan Kesetaraan 

Senin, 06 Desember 2021

Walikota Tanjungpinang Rahma bersama penyandang disabilitas usai menyerahkan bantuan pada peringatan HDI di aula kantor Dinas Sosial, Sabtu (4/12)

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG— Peringatan  Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Indonesia dimaknai sebagai bentuk pengakuan terhadap para penyandang disabilitas. 

Hal tersebut disampaikan Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP pada kegiatan peringatan HDI 2021 di Aula kantor Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Sabtu (4/12).

“Peringatan Hari Disabilitas Internasional dimaknai sebagai bentuk pengakuan terhadap para penyandang disabilitas, peneguhan komitmen seluruh bangsa, dan membangun kepedulian dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan disabilitas,” kata Rahma dalam sambutannya.

Rahma menyampaikan, peringatan HDI merupakan bentuk penghargaan terhadap para penyandang disabilitas. 

“Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. 

Pencanangan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa, peran dan kemampuan para penyandang disabilitas, sekaligus momentum bagi masyarakat internasional memperhatikan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas,” ungkapnya.  

Lebih lanjut Rahma mengatakan bahwa faktor pendidikan adalah faktor yang sangat penting bagi penyandang disabilitas. 

“Sejalan dengan tema HDI 2021 ini, faktor pendidikan adalah faktor yang sangat penting bagi penyandang disabilitas.

Pendidikan inklusi bertujuan untuk menyatukan atau menggabungkan pendidikan regular dengan pendidikan khusus ke dalam satu sistem yang menyatukan kebutuhan semua,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Rahma mengajak dan mengimbau kepada semua pihak untuk dapat memberikan kesetaraan kepada semua warga negara termasuk para penyandang disabilitas. 

“Di lingkungan kita juga terdapat mereka penyandang disabilitas, mereka membutuhkan upaya dari kita, upaya bersama yang melibatkan semua komponen baik pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat dan organisasi-organisasi sosial serta keagamaan. 

Karena tanpa upaya bersama kita tidak mungkin melangkah maju untuk memberikan kesetaraan dan kesempatan yang sama serta profesional kepada semua warga negara kita yang termasuk para disabilitas,” imbuh Rahma.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Samsudi, Kepala Dinas Sosial, Ahmad Nur Fattah, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, Dra. Endang Susilawati, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Riawati, S.Sos, MM serta Pengurus Keluarga Berbagi Kasih (KBK) Kota Tanjungpinang.

Secara terpisah, di hari yang sama, pada peringatan HDI tahun ini seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang memaknainya dengan mengunjungi dan memberi bantuan kepada penyandang disabilitas. 

Dengan semangat bersama, “Satu Hari ASN Pemko Tanjungpinang bersama disabilitas”. (rfl)