9 Pantangan Buah untuk Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Tinggi

Jumat, 03 Desember 2021

Penderita diabetes disarankan tidak mengonsumsi buah secara sembarangan. Beberapa jenis buah memiliki kadar gula tinggi sehingga menyebebkan gula darah naik. Foto/Good Housekeeping.

TRANSKEPRI.COM , JAKARTA - Penderita diabetes disarankan tidak mengonsumsi buah secara sembarangan. Pasalnya, beberapa jenis buah diketahui memiliki kadar gula yang tinggi sehingga bisa menyebebkan gula darah naik .

Namun perlu diketahui, buah kaya akan nutrisi dan kandungan serat yang tinggi yang bagus untuk tubuh. Berikut daftar buah-buahan yang harus dihindari penderita diabetes dilansir dari Taste of Home, Jumat (3/12/2021).
1. Nanas

Sepotong nanas yang berair mengandung banyak gula. Jus manis dan lengket yang ada pada nanas mengandung sekira 16 gram gula setiap 100 gram. Seseorang dapat mengurangi ukuran porsi dengan nanas yang dipotong dadu.

2. Cranberry
Cranberry sebenarnya rendah gula dan hanya mengandung 4 gram dalam 100 gram buah. Namun, begitu cranberry dikeringkan dan menambahkan pemanis, buah ini bukan lagi pilihan yang sehat bagi penderita diabetes.

3. Kismis
Kismis bukanlah pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki masalah dengan gula darah. Menurut Mayo Clinic, penderita diabetes harus membatasi porsi buahnya hingga 15 gram karbohidrat. 100 gram kismis mengandung 115 gram gula.

4. Ara
100 gram buah ara mengandung sekira 29 gram gula. Oleh sebab itu hindarilah konsumsi buah ini bagi penderita diabetes.

5. Jeruk Keprok
Jeruk keprok atau tangerine memiliki rasa yang manis. 100 gram atau sekira 2 buah jeruk mengandung lebih dari 20 gram gula. Sebaiknya hindari buah ini atau gunakan porsi kecil sebagai topping.

6. Mangga
Diketahui 100 gram mangga mengandung 23 gram gula. Jadi cobalah mencari buah yang lebih rendah gula.

7. Ceri
Ceri terlihat menarik dan menggugah selera, namun buah ini bisa membuat gula darah meroket. 100 gram ceri mengandung 20 gram gula dan mungkin akan membuat seseorang tetap merasa lapar.

8. Kiwi
Kiwi adalah buah yang berwarna hijau dan menyegarkan. 100 gram kiwi mengandung sekitar 16 gram gula.

9. Leci
Leci adalah buah yang menyegarkan dan dapat digunakan sebagai pemanis untuk makanan penutup atau koktail. 100 gram leci mengandung 29 gram gula.

(net)