4 Alasan Usai Kehujanan Harus Mandi, Nomor Terakhir Jarang Diketahui

Kamis, 02 Desember 2021

Kehujanan, foto ist

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Memasuki musim penghujan , masyarakat menjadi lebih rentan diserang berbagai penyakit . Salah satu yang menjadi sumber timbulnya penyakit adalah ketika tubuh terkena hujan.

Kondisi ini akan menurunkan tingkat kekebalan tubuh sehingga seseorang akan lebih mudah jatuh sakit. Namun tahukah Anda apa alasan tubuh rentan sakit setelah terkena air hujan?
Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan, @satgas.relawan, Kamis (2/12/2021), terdapat empat alasan utama mengapa tubuh rentan jatuh sakit saat musim hujan, diantaranya adalah:
1. Bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang lebih cepat.

2. Beberapa virus penyakit cenderung hidup lebih lama pada suhu dingin.

3. Kekebalan tubuh rentan menurun karena kurangnya paparan sinar matahari.

4. Air hujan bersifat asam sehingga banyak kuman ikut terbawa dan menempel.
Oleh sebab itu masyarakat sangat dianjurkan untuk membawa sejumlah perlengkapan saat bepergian di musim hujan, diantaranya payung atau jas hujan, masker cadangan, hand sanitizer, dan peralatan makan dan ibadah pribadi.

Tak lupa masyarakat juga diingatkan untuk segera mandi usai kehujanan. Sebab kuman-kuman yang mungkin ikut terbawa dan menempel dari debu serta polusi di air hujan dapat membuat tubuh meriang, flu, hingga sakit kepala.

Maka dari itu, mandi merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk membersihkan tubuh dari ancaman berbagai penyakit.
Selain itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan selalu patuhi protokol kesehatan di musim hujan selama masa pandemi Covid-19.

(net)