Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Pakai Kawasaki W175, Yuk Kupas Spesifikasinya

Jumat, 22 Oktober 2021

Presiden Jokowi terbilang sering mencoba berbagai trek dan tempat yang ada di Indonesia dengan motor custom Kawasaki W175. Foto/Biro Pers Setpres.

TRANSKEPRI.COM,JAKARTA - Presiden Jokowi bakal jajal sirkuit Mandalika pakai motor custom Kawasaki W175. Hal itu diungkap oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo kala menghadiri press conference virtual penjualan tiket World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB yang akan digelar pada 19-21 November 2021 nanti.

"Motor beliau sudah ada di sana dan IMI siap mendampingi. Dalam beberapa hari ke depan Presiden akan hadir di Mandalika. Rencananya akan mencoba sirkuit yang sudah siap di sana," ujar Bambang Soesatyo.

Sebenarnya Presiden Jokowi memiliki dua motor custom yakni Royal Enfield Bullet 350 Chopper Elders Garage Custom dan Kawasaki W175 Chopper Bobber Katros Garage. Hanya saja pilihan dijatuhkan ke Kawasaki W175 Chopper Bobber Katros Garage.
Pilihan itu masuk akal karena dari segi desain Kawasaki W175 Chopper Bobber sangat ideal menguji aspal mulus Sirkuit Mandalika. Sang modifikator, Andi Akbar dari Katros Garage bahkan membuat motor itu dengan sasis rigid dan dilengkapi dengan ban aspal sehingga motor akan bisa melaju dengan stabil dalam kecepatan tinggi.

Menariknya menurut Andi Akbar proses pembuatan motor itu hanya berlangsung 2 bulan. Selain dari sisi model, fokus pengerjaan juga dari sisi ergonomi dan durabilitas yang ikut diperhitungkan menyesuaikan pilihan desain yang dipilih mantan Gubernur DKI itu.

Posisi berkendara juga ikut diperhitungkan. Pria yang akrab disapa Atenk tersebut sempat meminta seorang temannya yang memiliki tinggi dengan Jokowi untuk dijadikan model. Hal ini agar bisa mendapatkan posisi duduk pas dan nyaman.

"Semuanya kami persiapkan dan pikirkan betul-betul. Sampai-sampai saya minta teman saya yang tingginya sama dengan Pak Jokowi, untuk duduk dan merasakan apakah posisi duduknya sudah nyaman atau belum," ujar Atenk panggilan akrabnya waktu itu.

Dari segi mesin, tidak ada ubahan apapun di Kawasaki W175 milik Jokowi ini. Mesinnya masih sama, 177cc satu silinder karburator, dengan muntahan power maksimum 9,6 kW di 7.500 rpm dan torsinya 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Spesifikasi Kawasaki W175 Chopper Jokowi

Sasis: Custom
Pelek depan: Ring 16
Ban depandan beakang : Shinko E270 5.00-16
Tangki bahan bakar: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Cover body: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Spakbor depan dan belakang: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Knalpot: Custom
Jok: Custom
Lampu depan: LED Aftermarket 5.75 inci
Lampu belakang: LED Aftermarket
Lampu sein: LED Aftermarket
Setang : Custom Dragbar

(net)