Covid Kembali Menggila di Rusia, Tembus 34 Ribu Kasus Sehari

Senin, 18 Oktober 2021

Ilustrasi: Pemakaman standar covid

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Rusia melaporkan rekor baru infeksi virus corona (Covid-19) pada Minggu (17/10), ini terjadi selama empat hari berurutan. Ada 34.303 kasus baru dan 997 kematian selama 24 jam terakhir menurut pemberitaan AFP.

Pada Sabtu, Rusia mencatat 33.208 kasus baru dan 1.002 kematian. Sejauh ini Rusia baru pertama kali menembus 1.000 angka kematian.

Statistik Covid-19 ini datang saat program vaksinasi jalan di tempat dan protokol kesehatan longgar di berbagai daerah. Pemerintah mengatakan ketidakdisipinan masyarakat Rusia yang menyebabkan lonjakan kasus baru.Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan pada pekan ini bahwa dia menyoroti 'kebiasaan' masyarakat. Sementara juru bicara pemerintahan pusat, Dmitry Peskov, mengatakan, semua hal sudah dilakukan untuk memberi kesempatan kepada publik menyelamatkan diri dengan mendapatkan vaksinasi.

Program vakinasi di Rusia sudah berjalan selama berbulan-bulan, namun dikatakan sebagian masih skeptis atas hal ini.

Saat ini total kematian Covid-19 di Rusia mencapai 223.312, ini merupakan yang tertinggi di Eropa. (tm)AFP menyatakan berdasarkan poling indepenten, lebih dari setengah warga Rusia tidak mau disuntik vaksin Covid-19.