Gejala Kolesterol Tinggi di Pergelangan Kaki yang Tandai Kondisi Serius

Jumat, 15 Oktober 2021

Gejala kolesterol tinggi dapat muncul di pergelangan kaki. Perkembangan pertumbuhan kulit kekuningan di pergelangan kaki yang dikenal sebagai xanthomas. Foto/Express.

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi dapat muncul di pergelangan kaki . Perkembangan pertumbuhan kulit kekuningan di pergelangan kaki yang dikenal sebagai xanthomas adalah tanda peringatan bahwa Anda berisiko mengalami gangguan kesehatan kardiovaskular.

Dilansir dari Express, Jumat (15/10/2021) xanthomas berkembang sebagai penumpukan lemak yang tumbuh begitu besar dan menonjol melalui kulit.

Menurut WebMD, xanthomas juga dapat berkembang pada organ internal dan membutuhkan bantuan medis segera mungkin. Jika Anda melihat pertumbuhan ini di pergelangan kaki atau di tempat lain di tubuh, segera konsultasi dengan dokter.
Lesi dapat muncul sebagai benjolan tunggal, atau dalam kelompok, dengan beberapa tumbuh sebesar tiga inci. Xanthomas bisa terasa gatal atau nyeri saat disentuh, dengan lesi paling sering muncul di lutut, siku, tendons, tangan, kaki, pantat dan kelopak mata.
Perawatan untuk mengatasi xanthomas termasuk perawatan laser dan pembedahan, tetapi dokter akan mendiskusikan perubahan gaya hidup yang perlu Anda lakukan.

"Mengurangi lipid darah Anda akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi kemungkinan xanthomas datang kembali di masa depan," kata WebMD.
(net)