Penghina Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan, Mobil Antipeluru, Ban Anti Tusuk dan Dikawal Polisi Bersenjata

Jumat, 08 Oktober 2021

Kartunis penghina Nabi Muhammad, Lark Vilks

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Tewasnya kartunis Nabi Muhammad SAW dan dua pengawalnya masih menjadi perbincangan. Betapa tidak, mobil yang dikendarainya anti peluru, ban mobilnya anti tusuk dan dikawal dua pengawal bersenjata. Sungguh perlindungan yang maksimal. Melaju di jalur tol satu jalur dengan pembatas logam di tengahnya. Sangat aman.

Namun faktanya, kecelakaan dengan truk menewaskan kartunis Lars Vilks, 75 tahun. "Mungkin karena ban mobil antipelurunya pecah," kata polisi. Meskipun seharusnya ban itu tahan tusukan.

Vilks diberi perlindungan pada 2007 setelah mendapat ancaman pembunuhan karena menghina Nabi Muhammad SAW. Vilks tewas pada pukul 15:30 pada Minggu, 4/10, ketika kendaraan polisinya bertabrakan dengan sebuah truk di dekat Markaryd, Swedia selatan. Dua pengawal polisinya juga tewas.

Vilks telah hidup di bawah perlindungan polisi sejak 2007 setelah ancaman dilakukan terhadap hidupnya menyusul publikasi kartun atas nama hak untuk mengejek agama. Dalam agama Islam, penggambaran Muhammad dilarang, meskipun penggambaran itu baik sekalipun, dan kartun penghinaan itu telah memicu reaksi keras.

Polisi Swedia masih menyelidiki penyebab kecelakaan itu, dan mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa tabrakan itu disengaja. (tm)