Efektifnya Pengendalian Batam dengan Status Ex Officio

Rabu, 29 September 2021

Joni Ahmad, SE.MBA.MM

Oleh: Joni Ahmad, SE.MBA.MM

Akademisi dan Wakil Ketua KADIN Batam

 

Pulau Batam merupakan kawasan strategis  yang berbatasan langsung dengan Singapura, menjadikannya sebagai target destinasi untuk memperoleh peluang bisnis ataupun lowongan kerja.

Perkembangan Batam yang sangat pesat, sehingga dari awalnya hanya sebagai pulau yang dijadikan sebagai kawasan pendukung logistik Pertamina, berubah menjadi kawasan industri dan pelabuhan bebas, serta akhirnya berkembang dalam berbagai varian bisnis dalam skala nasional hingga internasional.

Pengembangan pulau Batam yang  ditata kelola oleh BP Batam yang awalnya dikenal sebagai Badan Otorita Batam, juga tidak mutlak dikelola hanya oleh BP Batam yg dikomandoi oleh Kepala BP Batam, yang merupakan perwakilan pemerintah pusat dalam pengembangan  industri dan pelabuhan bebas di  pulau Batam.

Akan tetapi masih ada 
keberadaan  pemerintahan daerah yakni Pemko Batam yang awalnya  sebagai Pemerintah Kotamadya Batam, yg juga memiliki peranan penting dalam mengembangkan kawasan ini, terutama setelah pemerintah pusat  menerapkan sistem kewenangan  otonomi daerah dalam pengelolaan daerahnya masing-masing.

Hal ini lah yang akhirnya secara perlahan dan tanpa disadari oleh Pemerintah Pusat, terjadinya benturan yang awalnya tidak begitu dianggap masalah oleh kelembagaan, akan tetapi lama kelamaan dapat dirasakan oleh masyarakat, yang secara praktiknya  banyak berurusan dengan kedua lembaga pemerintah ini.

Lalu lahirlah istilah dualisme, yang muncul dari persepsi yang lahir dari masalah-masalah praktis yang dialami oleh banyak masyarakat pelaku usaha, investor dan bahkan masyarakat awam yang memperoleh berbagai kesulitan dalam mensinkronkan berbagai persyaratan yang melibatkan kedua kelembagaan yang memiliki berbagai  kewenangan di pulau Batam itu.

Hal tersebut akhirnya memberikan dampak negatif yang cukup signifikan dalam progres berbagai kebijakan yang dibutuhkan masyarakat dan para pelaku bisnis, yang berdampak dengan terjadinya stagnasi  pertumbuhan  investasi dan juga pertumbuhan ekonomi di pulau Batam.

Sehingga pemerintah pusat mengambil sebuah kebijakan yang sangat luarbiasa, yakni menghilangkan dualisme yang cukup mengganggu tersebut menjadi konsep penyatuan pengelolaan kawasan dalam satu Jabatan pengendalinya, yang dikenal dengan istilah _Ex-Officio Kepala BP Batam,_ yang akan dipegang oleh Walikota Batam selaku penguasa Pemerintah Kota Batam.

Tepatnya pada 27 September 2019, pemerintah pusat melantik Muhammad Rudi  bersama para penjabat baru sebagai Wakil dan  anggota nya, dalam struktur pengelola BP Batam, yang mengkolaburasikan para pejabat-pejabat yang dipilih pemerintah pusat dengan kepala daerah Batam yakni Walikota Batam, yang  dipercaya oleh Presiden RI untuk memangku jabatan sebagai _Ex Officio Kepala BP Batam._

Keputusan dan kebijakan Presiden tersebut akhirnya berbuah manis.
Dimana keluhan dualisme kekuasaan yang selama ini menjadi salah satu faktor penghambat menjadi hilang secara otomatis.

Penyatuan kekuasaan ini akhirnya lahir sebagai terobosan yang sangat tepat disaat Batam membutuhkan efisiensi pelayanan investasi, walaupun dalam perjalanan nya, konsep penyatuan itu juga menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan lokal hingga beberapa oknum personal di pusat yang merupakan bagian dengan pihak kontra dari lokal.

Namun hal tersebut tidak mampu merubah keputusan bapak presiden yang melihat sisi positifnya jauh lebih besar dari sisi negatif yang dijadikan alasan bagi kalangan yang kontra dengan _Ex Officio._

Selama dua tahun perjalanan Muhammad Rudi, Walikota Batam yang sekaligus  merupakan _Ex Officio Kepala BP Batam ,_ banyak memberikan nilai positif khususnya adalah harmonisasi kebijakan dan pengelolaan pelayanan antara Pemko Batam dengan BP Batam.

Lalu sinkronisasi berbagai kebijakan yang ditata kelola oleh kedua belah pihak dalam kerjasama yang sangat komunikatif, mampu memberikan efisiensi dan efektifitas pelayanan yang dibutuhkan oleh investor pelaku usaha dan juga masyarakat.

Sehingga pertumbuhan  investasi di pulau Batam terjadi peningkatan yang bergerak dinamis. Hal positif lainnya  terjadi peningkatan ekspor baik yang berasal dari migas maupun sektor non migas, bahkan dari sektor non migas terjadi peningkatan yang sangat pesat, hal ini menunjukkan bahwa sirkulasi industri dan manufaktur di pulau Batam menjadi sangat kondusif dan masih sangat  produktif.

Pengembangan Batam dalam konsep Pembangunan infrastruktur serta optimalisasi asset negara yang dimiliki oleh kedua kelembagaan tersebut semakin berkembang pesat dan lebih produktif.

Tentunya hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah pusat yang telah memberikan pedelegasian kepada Walikota Batam dalam mengelola BP Batam dalam satu genggaman kewenangan yang mutlak untuk dilaksanakan, guna mencapai program pembangunan kawasan yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah pusat.

Dimana hal tersebut akhirnya mampu dirumuskan oleh Muhammad Rudi selaku Walikota Batam, dengan  beberapa konsep luar biasa yang sangat strategis dan  futuristik serta memiliki potensi pertumbuhan  ekonomi yang sangat besar. Dimana beliau menetapkan Pengembangan Badan Usaha  Pelabuhan Batu Ampar yang merupakan gerbang perdagangan dan lalu lintas barang yang sangat vital dalam menunjang sirkulasi bisnis dipulau kalajengking ini.

Lalu Pengembangan Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim yang penuh dengan kolaburasi yg bersifat Teknikal berbasis Teknologi, hingga konsep Pengembangan Logistik dan konsep dukungan transportasi udara terhadap lalu lintas pariwisata.

Kemudian Strategi Badan Usaha Rumah Sakit BP Batam dalam konsep Kawasan Ekonomi Khusus, yang akan mengkombinasikan antara Pelayanan Kesehatan menyeluruh dengan konsep wisata yang selama ini dikuasai oleh tetangga Batam yakni Singapore, maka kedepannya akan diambil alih oleh Badan Usaha RSBP.

Tidak lupa juga beliau membuat terobosan dalam pembangunan infrastruktur Jalan yang merupakan tulang punggung dalam lalu lintas umum bisnis dan kebutuhan masyarakat, dengan pengembangan jalur jalan yg dibangun secara apik dan modern.

Lalu konsep pengembangan teknologi terbarukan dalam dunia kelistrikan, yakni konsep pembangunan tenaga solar sel yang dibangun diberbagai waduk yg dimiliki oleh Batam, sehingga ada solusi baru kelistrikan yang lebih murah dan mampu membantu meringankan beban  masyarakat batam.

Tidak lupa dalam konsep pelayanan publik dan pelayanan  terhadap investor serta pelaku bisnis, beliau mencanangkan pembangunan Gedung pelayanan satu pintu yang terpadu, dimana gedung tersebut merupakan asset BP Batam yang dimanfaatkan oleh semua institusi pelayanan masyarakat, yang akan memberikan solusi kemudahan dalam dunia pelayanan publik.

Dengan konsep strategis yang dipaparkan oleh Muhammad Rudi, tidak lupa beliau menyampaikan bahwa semua konsep pelaksanaan yang beliau rencanakan tersebut akan melibatkan pihak konsorsium nasional dan internasional, dalam pembangunan nya.

Tentunya ini strategi yang sangat cerdas yang beliau rencanakan. Sebab dengan melibatkan pihak konsorsium pelaku bisnis eksternal, maka keterbatasan anggaran internal BP Batam akan terbantu dan rencana pembangunan tersebut akan segera dapat direalisasikan.

Kemampuan manajerial dan konseptual yang dimiliki seorang Muhammad Rudi, menjadi sebuah kekuatan lainnya yang luar biasa, disamping kepiawaian beliau sebagai seorang Birokrat dan Politisi.

Semua kemampuan yang menjadi energi dan spirit beliau tersebut, memang sangat dibutuhkan oleh Batam dalam pengembangannya menjadi kawasan  investasi, industri dan pelabuhan bebas serta perdagangan bebas, dalam rangka menciptakan pertumbuhan ekonomi kawasan dan ekonomi nasional kedepan yang positif dan tumbuh lebih signifikan.

Kemampuan mengelola dua kekuasaan besar  dalam satu genggaman, merupakan hal yang sangat tidak mudah dilakukan, apalagi dengan perangkat SDM yang cukup berbeda latar belakangnya.

Akan tetapi Muhammad Rudi mampu menunjukkan kapabilitas dalam pengelolaan dua lembaga ini, bahkan mampu menciptakan Harmonisasi dan sinerjisitas pelayanan bagi masyarakat dan para pelaku usaha.

Muhammad Rudi ternyata mampu menjadi seorang dirijen yang piawai, dalam memandu  dua kelompok orkestra untuk  memainkan musik yang padu dan merdu. ***