Ribut dengan China, Australia Pernah Nyatakan Perang dengan Burung dan Kalah

Sabtu, 18 September 2021

Seekor burung emu melintas di jalan raya. Australia pernah nyatakan perang dengan kawanan burung emu pada awal 1930-an dan kalah. Foto/REUTERS/Mike Blake

TRANSKEPRI.COM, CANBERRA - Australia sedang terlibat ketegangan dengan China setelah Canberra membentuk aliansi AUKUS dengan Washington dan London, yang dalihnya adalah ada ancaman dari Beijing. Ketika ramai tentang potensi perang di masa depan, tetangga Indonesia itu terkenal pernah menyatakan perang dengan kawanan burung emu dan kalah.

Perang dengan burung, yang dikenal sebagai Perang Emu itu terjadi pada awal 1930-an. Saat itu Great Depression [Depresi Hebat] melanda dunia dan fasisme bangkit di Eropa, kemudian provinsi-provinsi barat Australia menghadapi krisis eksistensial mereka sendiri.
Setelah berakhirnya Perang Dunia I, pemerintah Australia ingin mempromosikan pembangunan pertanian di provinsi-provinsi barat mereka. Solusi mereka adalah menyediakan tanah bagi para veteran yang telah dipecat untuk bertani di wilayah pertanian yang marginal. Apa yang tidak mereka ketahui adalah bahwa salah satu kekuatan tempur paling sengit di dunia sedang menunggu: sekitar 20.000 ekor emu.
Emu adalah bagian yang rumit dari identitas Australia. Burung-burung yang tidak bisa terbang menonjol dalam mitologi dan budaya Aborigin, dan muncul di lambang nasional.

Burung-burung itu berdiri setinggi enam kaki dan mampu mencapai kecepatan lari 31 mil per jam. Jika bukan karena mantel berbulu halus mereka, tidak akan mengejutkan untuk percaya bahwa velociraptor berlari melintasi pedalaman Australia.

Diyakini bahwa emu adalah yang selamat dari zaman prasejarah dan berasal dari sekitar 80 juta tahun yang berkeliaran di pedalaman Australia. Suku Aborigin mengandalkan emu untuk keberadaan mereka.

Pada tahun 1929, dengan dunia dicengkeram oleh Depresi Hebat, pemerintah Australia mulai mendorong budidaya gandum dengan janji subsidi. Kebijakan tersebut terbukti membawa malapetaka karena harga gandum terus turun, dan pemerintah tidak pernah memenuhi janjinya untuk memberikan subsidi.

Pada tahun 1932, situasi memburuk dengan cepat di bagian barat Australia. Para petani yang telah dikirim ke barat, dan kemudian ditugaskan untuk memanen tanaman gandum mereka yang relatif tidak berharga yang gagal disubsidi oleh pemerintah, sekarang dirusak oleh gelombang emu yang datang tiba-tiba.

Sekelompok mantan tentara dari daerah yang terkena bencana bertemu dengan Sir George Pearce, Menteri Pertahanan saat itu, dan meminta pengerahan senapan mesin untuk mengatasi ancaman emu.
Pearce lebih dari bersedia untuk membantu. Apa yang dia sesumbarkan sebagai "gerakan pemisahan diri" sedang terjadi di Australia barat, dan mengirimkan dukungan militer untuk mengalahkan emu yang menyerang dipandang sebagai cara yang baik untuk meredakan ketegangan. Pearce begitu yakin dengan keberhasilan perang sehingga dia bahkan mengirim seorang sinematografer untuk mendokumentasikan kemenangan gemilang tentara Australia atas emu asli yang mereka anggap biadab.

Mayor G. P. W. Meredith, seorang petinggi militer saat itu, mengawasi kampanye militer besar-besaran yang terdiri dari dirinya sendiri, dua tentara, dua senapan Lewis, dan 10.000 butir amunisi. Keterlibatan militer dijadwalkan akan dimulai pada Oktober 1932, dan kemungkinan besar mereka percaya bahwa perang akan berakhir pada Natal. Namun, ekspedisi besar itu dihentikan oleh periode hujan yang mendorong kampanye mereka kembali ke November tahun itu.

Konfrontasi pertama Mayor Meredith dengan emu terbukti bermanfaat. Menindaklanjuti penampakan 50 emu, Meredith, anak buahnya, dan beberapa pemukim lokal melancarkan serangan brilian pada burung yang tidak curiga. Para pemukim akan menggiring burung-burung ke dalam jangkauan senapan Lewis, dan anak buah Meredith akan melancarkan serangan mendadak. Rencananya sempurna, kecuali satu masalah: burung-burung tidak bisa digiring. Para emu berpisah dalam kelompok-kelompok kecil saat mereka melarikan diri, dan hanya setelah tembakan kedua, Meredith dengan bangga menyatakan bahwa “sejumlah” emu telah dibunuh.

Meredith telah belajar dua hal dari konfrontasi pertamanya dengan emu yang perkasa: bahwa memperlakukan keturunan dinosaurus seperti domba adalah proposisi yang bodoh, dan bahwa dia harus dekat dengan mereka untuk mendapat kesempatan. Beberapa hari kemudian, dia akan memiliki kesempatan untuk menegaskan kekuatan militer Australia atas saingan terberat mereka.

Meredith dan penembaknya mendirikan kemah di dekat bendungan. Orang-orang itu menunggu saat sekelompok 1.000 emu menuju benteng mereka. Kali ini mereka tahu mereka harus menunggu musuh mendekat. Mereka perlu menatap kematian di matanya dan kemudian melepaskan kemarahan kecanggihan militer manusia pada musuh mereka.

Saat emu mulai mendekat, Meredith memberi tanda pada anak buahnya dan para penembak melancarkan serangan ke kawanan itu. Penyergapan mereka berhasil. Selusin emu dijatuhkan untuk kematian mereka. Dengan setiap ledakan yang lewat dari senapan Lewis, kemenangan semakin dekat.

Tapi kemudian, senapan Lewis macet, emu yang tersisa berserakan, dan kemenangan pasti Meredith telah digagalkan oleh kecanggihan teknologi militer terbaik manusia.
Seperti yang dicatat oleh seorang pengamat, “Para emu telah membuktikan bahwa mereka tidak sebodoh yang biasanya dianggap.”

Kampanye tidak membaik untuk Meredith di hari-hari berikutnya. Emu mampu menghindari taktiknya bahkan saat dia belajar lebih banyak tentang musuh Australia yang paling tangguh. Setiap kelompok emu memiliki seorang pemimpin yang berjaga-jaga sementara rekan-rekan sibuk dengan gandum.

Emu pemberani yang satu ini akan membunyikan alarm dan menunggu kawanannya melarikan diri ke semak belukar.

Burung-burung itu bepergian dengan kecepatan hampir 30 mil per jam dan membawa lebih banyak bulu daripada daging, burung-burung itu membuat target yang hampir mustahil.

Meredith tahu apa masalahnya. Emu itu terlalu cepat untuk penembak bersenpan Lewis yang tidak bergerak. Jadi, dia melakukan satu-satunya hal yang masuk akal yang tersedia baginya dan memasang senapan Lewis-nya ke truk dalam upaya proto-"Mad Max"-ian untuk menaklukkan emu. Rencananya diyakini berhasil. Tidak ada burung yang bisa berlari lebih cepat dari truk dan peluru. Taktik brilian itu berumur pendek. Para emu dapat menjaga jarak dari truk yang terbebani, dan medan yang tidak rata membuat membidik senjata hampir mustahil.

Bagaimana Itu Berakhir?

Setelah enam hari, 2.500 peluru telah ditembakkan. Jumlah burung yang dibunuh tetap tidak pasti, dengan beberapa perkiraan serendah 50 dan beberapa setinggi 500 ekor. Pada titik ini, pers lokal kurang terkesan dengan kampanye Meredith dan publisitas yang buruk menyebabkan Pearce menarik pasukannya.

Namun, Meredith benar-benar terkesan oleh emu, dengan menyatakan, "Jika kita memiliki divisi militer dengan kemampuan membawa peluru [ke] burung-burung ini, itu [burung-burung emu] akan menghadapi tentara mana pun di dunia. Mereka dapat menghadapi senapan mesin dengan kebal. Mereka seperti Zulus yang bahkan peluru dum-dum tidak bisa berhenti."

Kebuntuan militer tidak berlangsung lama. Dengan emu yang terus merusak tanaman petani, pasukan Meredith sekali lagi dikerahkan. Dengan laporan bahwa kampanye pertama berhasil membunuh 300 emu, serangan kedua pasti diuntungkan dari kegagalan pertama.

Dari 13 November hingga 10 Desember 1932, Meredith menyempurnakan seni membunuh emu. Menurut perkiraannya, dia membunuh 986 emu dan 2.500 lagi emu tewas karena luka-luka mereka. Kemenangan Meredith atas emu tidak berlangsung lama. Petani sekali lagi meminta bantuan militer pada tahun 1934, 1943, dan 1948, tetapi militer menolaknya setiap kali diminta. Penolakan pengerahan militer secara berulang inilah yang dianggap sebagai kemenangan burung emu.
(net)