Jelang HUT Kepri, Pemprov Gelar Vaksinasi, Ini Jadwalnya

Rabu, 15 September 2021

Kegiatan sambang media

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Menjelang hari jadi Provinsi Kepulauan Riau Ke-19, pada 24 September 2021. Pemprov Kepulauan Riau akan menggelar pekan vaksinasi. Dalam pekan vaksinasi nanti, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mentargetkan 40 ribu warga mengikuti vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua.

“Saat ini, capaian vaksinasi di Provinsi Kepri tercatat per 12 September 2021 sebesar 78,7 persen untuk dosis 1 dan 42,67 persen untuk dosis 2 bagi usia 18 tahun ke atas. Sedangkan untuk usia remaja sudah mencapai 74,76 persen untuk dosis 1 dan 29,18persen untuk dosis 2,”papar Ansar Ahmad didampingi Plt Karo Humprohub Kepri Hasan dan Staf Khusus Humas Suyono Saeran saat menghadiri sembang media di Hotel Aston Tanjungpinang, 14 September 2021.

Diharapkan Ansar Ahmad, vaksinasi di Provinsi Kepri hingga akhir Oktober 2021 mencapai 100 persen.

Untuk mencapai target vaksinasi yang diharapkan tersebut, Gubernur Kepri berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan untuk menjamin ketersediaan vaksin di Provinsi Kepri.

“Dengan capaian vaksinasi yang tinggi, maka mempermudah pemulihan ekonomi di Provinsi Kepri, disamping juga mempercepat terselenggaranya kegiatan pembelajaran tatap muka,”sebutnya.

Mengingat perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepri masih menunjukkan adanya fluktuasi penambahan kasus konfirmasi harian yang diimbangi dengan peningkatan kasus sembuh yang lebih besar dari kasus konfirmasi harian, maka pihaknya memandang perlunya capaian vaksinasi yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan komunal.

Disamping vaksinasi, juga akan ditingkatkan tracing kasus kontak erat kasus konfirmasi dengan jumlah 15 orang per satu kasus konfirmasi. “Tracing kontak erat akan ditingkatkan dari 10 orang menjadi 15 orang per satu kasus konfirmasi,”tandasnya.

Menurutnya kasus konfirmasi harian di Provinsi Kepri menunjukkan penurunan, ditunjukkan dengan Peta Risiko Per Tanggal 5 September 2021 meliputi Kota Batam: Kuning, Kota Tanjungpinang: Orange

Kabupaten Bintan: Kuning, Kabupaten Karimun: Orange, Kabupaten Lingga: Kuning,Kabupaten Natuna: Orange dan

Kabupaten Anambas: Kuning. Dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

“Diharapkan Kota Tanjungpinang, Karimun dan Natuna secepatnya berubah dari peta resiko warna Orange menjadi kuning. Agar secepatnya travel caridor dapat dibuka, Sehingga wisawatan segera berkunjung di Kepri,”imbuhnya. (tm)